Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa C #1 Pengenalan : Pengertian dan sejarah singkat

Kali ini saya akan membahas mengenai bahasa pemrograman C, dan bersamaan juga dengan bahasa pemrograman HTML. Karena saya sendiri juga sedang mempelajari materi Pemrograman C untuk kelas 11, hehehe 😅. Pada pandemi ini memang banyak sekolah yang pembelajarannya dilakukan secara daring, sehingga banyak orang yang berdiam diri di rumah (stay at home) dengan kesibukan masing-masing, termasuk saya sendiri, dan saya juga berharap, agar kita semua tetap sehat selalu. Yuk langsung saja kita bahas materi Bahasa pemrograman C.


Pengertian Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C merupakan bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi dan biasanya digunakan untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programing language), maksud dari general-purpose adalah kita bisa  menggunakannya untuk membuat program apa saja. Bahasa C ini, paling cocok untuk merancang aplikasi yang berhubungan dengan Sistem Operasi (Windows, Linux), dan Hardware, meskipun juga ada Software seperti antivirus, pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemrograman, dimana C banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain yang salah satunya adalah PHP.

Biasanya bahasa pemrograman C dipelajari pada jurusan teknik informatika, kerena memang untuk memperkenalkan konsep pemrograman bagi pemula yang belum pernah coding. Bahasa C ini ,usianya terbilang sudah cukup tua, meskipun masih digunakan hingga sekarang. 

Perlu kita ketahui juga, Bahasa C juga dijuluki dengan "God's Programing Language", yang artinya, bahasa C merupakan ayah dari semua bahasa pemrograman lainnya (C++, Java, PHP, JS, dll), karena bahasa pemrograman yang lain, memiliki beberapa sintaks yang mirip dengan bahasa C.


Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman C

Awalnya, sistem UNIX dibuat menggunakan bahasa mesin (Assembly), dan pertama kali diimplementasikan ke dalam komputer PDP-7 dan kemudian PDP-11 oleh Dennis Ricthie dan Ken Thompson.

Tetapi karena dianggap sangat rumit dan susah untuk dikembangkan, kemudian pada tahun 1970, Peneliti di Bell Telephone Laboratories membuat bahasa pemrograman B yang dikembangkan oleh Ken Thomson, yang merupakan bahasa turunan dari BCPL (Basic Combined Programing Language) yang diciptakan oleh Martin Richard. Setelah itu pengembangan UNIX diubah menggunakan bahasa pemrograman B, akan tetapi bahasa B memiliki keterbatasan/kekurangan. Oleh karena itu dikembangkanlah bahasa pemrograman C.

Bahasa C ini dikembangkan sekitar tahun 1969-1972, oleh Denies M. Ritchie. Saat itu Ritchie bekerja di Bell Telephone Laboratories, sebuah pusat penelitian yang berlokasi di Murray Hill, New Jersey, Amerika Serikat. Tujuan Ritchie membuat bahasa pemrograman C ialah untuk mengembangkan Sistem Operasi UNIX sekaligus mengganti atau melengkapi bahasa B. Setelah bahasa C jadi, kemudian Sistem Operasi UNIX ditulis ulang menggunakan bahasa C, bukan hanya digunakan untuk pengembangan UNIX saja, tetapi juga dirilis sebagai bahasa pemrograman umum.

Pada tahun 1978, Dibantu bersama rekan kerjanya, yaitu Brian W. Kernighan, untuk menulis serta menerbitkan buku "The C Programming Language", sering disebut juga sebagai "K&R" (singkatan dari Kernighan dan Ritchie). Buku ini menjadi standar untuk buku programming modern, dan sering dijadikan referensi dikalangan akademis.

Karena Sistem Operasi UNIX pada saat itu cukup populer serta mahal dan berukuran besar, oleh karena itu hanya terdapat di kantor pemerintah dan bebearap Universitas besar di Amerika Serikat. Karena masuknya UNIX ke Universitas, mau tidak mau mahasiswa juga harus menguasai bahasa C.  Ini juga alasan dengan berkurangnya penggunaan bahasa Pascal (pada saat itu yang sedang populer).

Kemudian, pada tahun 1980, bahasa C menjadi populer di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dan menjadi populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Pada awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C, hingga pada tahun 1985, lahir bahasa baru yang merupakan revolusi dari bahasa C, yang sekarang dikenal dengan C++

Pada tahun 1989, Bahasa C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh ANSI (American National Standards Institute). Kemudian Bahasa C dikenal dengan ANSI C. Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc, mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah bahasa C++ menjadi bahasa mesin (Assembly). Karena evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa Berorientasi Objek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram pofessional.

Perlukah Kita Mempelajari Bahasa Pemrograman C?

Sebenarnya pada tahun 2021 ini, ada berbagai bahasa pemrograman yang lebih populer untuk digunakan seperti pyton, javascript, SQL, HTML/CSS, dsb. Akan tetapi, kalian juga bebas memilih ingin mempelajari bahasa pemrograman apa.

Berikut ini adalah penggunaan bahasa pemrograman menurut survey StackOverlow.

Stack Overflow Survey

Memang bahasa pemrograman C tidak menempati posisi urutan pertama, tetapi perlu kita ketahui bahwa bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, C++, C#, PHP, dsb, merupakan bahasa yang menginspirasi dari bahasa pemrograman C. Seperti yang saya ungkapkan diatas , karena bahasa tersebut memiliki sintaks yang hampir sama dengan bahasa C.

Jadi menurut saya sendiri, dengan mempelajari/memahami bahasa C terlebih dahulu, akan membuat kita lebih mudah untuk memahami bahasa pemrograman lainnya (seperti Java, JS, C++, PHP, dsb) karena kita sudah memiliki landasan dari bahasa C, yang memungkinkan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang arsitektur dan pemrograman komputer secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa keuntungan belajar bahasa C :
 
  1. Bahasa C merupakan bahasa dasar untuk bahasa tingkat tinggi lainnya.

  2. Sederhana, cocok untuk pemula dan mudah dipelajari serta banyak sumbernya.

  3. Merupakan induk dari semua bahasa pemrograman.

  4. Dapat digunakan di berbagai macam platform (Windows, Linux, MacOS, dll).

  5. Masih digunakan hingga saat ini.

  6. Kesempatan untuk bekerja pada proyek Open Source.

Bagaimana pendapat kalian, setelah membaca keuntungan dari belajar bahasa Pemrograman C?. seperti yang saya singgung diatas, saya sendiri tidak menyarankan, kita harus belajar C atau tidak, karena semua tergantung kitanya yang mau bagaimana. Untuk saya sendiri, mending pelajari saja yang menurut kita sangat membutuhkannya. 

Oke next, kita selanjutnya akan membahas tentang Fitur serta Keunggulan bahasa C



   

Posting Komentar untuk "Materi Bahasa C #1 Pengenalan : Pengertian dan sejarah singkat"