Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Glosarium Berkaitan Dengan Teknologi, Pemrograman, Komputer, Dan Istilah Dalam Aplikasi.

Glosarium Istilah Seputar Dunia Komputer, Teknologi, Pemrograman, dan Aplikasi

SyTeekno - Pada glosarium yang sengaja saya buat ini, akan saya jadikan satu, berbagai macam kumpulan istilah yang sering digunakan dalam dunia Komputer, Teknologi, Pemrograman, serta istilah lainnya yang berada pada aplikasi tertentu.

Glosarium ini, nantinya akan saya perbarui terus. Tujuannya tidak lain adalah sebagai catatan agar kita tidak lupa dan juga mempermudah kita untuk mengetahui definisi dari istilah yang sering digunakan dalam dunia komputer dan teknologi. Berikut adalah list atau daftar istilah-istilah seputar komputer dan teknologi yang berhasil penulis rangkum.

Saya ingatkan, cara alternatif untuk mencari apa yang ingin kita cari, untuk pengguna komputer, laptop, maupun notebook, silahkan tekan CTRL+F pada keyboard, kemudian ketik kata kunci yang ingin dicari. Dan untuk pengguna Smartphone, klik icon menu pada bagian kanan atas, kemudian klik cari di halaman (temukan di laman), kemudian ketik yang ingin dicari.



A


AI (Artificial Intelligence) : Merupakan kemampuan komputer supaya dapat berpikir serta mengambil keputusan (bertindak) layaknya seperti manusia.

Access Point : Merupakan peralatan yang digunakan sebagai titik tengah atau penghubung antara komputer-komputer dengan menggunakan koneksi nirkabel.

ALU (Arithmetic and Logical Unit) : Merupakan bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika serta operasi data-data yang membutuhkan perhitungan.

Analog Signal : Merupakan sinyal yang memiliki variasi nilai tak terbatas pada sumbu waktunya, setiap sinyal kontinyu yang fitur waktu bervariasi dari sinyal adalah representasi dari beberapa lainnya kuantitas waktu bervariasi, yaitu, analog ke sinyal waktu bervariasi lain.

Antivirus : Merupakan program untuk melacak keberadaan dan mengamankan virus pada media penyimpanan, baik pada disk atau memori.

Anchor : Merupakan link dalam hyperteks, baik dalam bentuk grafik ataupun teks, untuk menuju alamat tertentu.

ARP (Address Resolution Protocol) : Merupakan (kebalikan dari RARP) protokol yang digunakan untuk memetakan alamat IP menjadi alamat perangkat keras, yakni alamat MAC.

ASP (Active Server Pages) : Merupakan produk server-side scripting yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.


B


Blockchain : Merupakan catatan transaksi digital. Nama “blockchain” berasal dari strukturnya, di mana catatan individu (disebut sebagai block) dihubungkan bersama dalam daftar tunggal (disebut sebagai chain). Blockchain digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin, dll.

Booting : Merupakan proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses.

Brainware : Merupakan sebutan atau istilah bagi seseorang yang mengoperasikan komputer.

Bridge : Merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menguatkan sinyal yang ditransmisikannya. Tidak seperti repeater, brigde mampu menentukan tujuan (intelligent repeater).



C

Card Reader : Merupakan media untuk menulis dan membaca kartu SD atau MMC.

CIDR (Classless Inter-Domain Routing) : Merupakan cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, dst, Contohnya adalah /24 pada 192.168.1.1/24.

Cloud Computing : Merupakan server yang diakses melalui jaringan internet sebagai center of server untuk mengelola data pengguna (user), serta software dan database, untuk menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lain, dalam waktu yang sama.

Cold Booting : Merupakan proses menghidupkan komputer pada saat perangkat komputer itu dalam keadaan mati.

CPU (Central Processing Unit) : Merupakan hardware yang bertugas untuk melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Sering disebut juga sebagai prosesor atau otak komputer..



D


Database : Merupakan struktur data yang menyimpan informasi secara terorganisir.

Deep Packet Inspectioon (DPI) : Sebuah teknologi yang diterapkan di Router (peralatan pemantau lainnya) yang memungkinkan untuk memantau aliran data secara real-time dan membuat keputusan terhadap aliran data tersebut. DPI dapat melakukan pemeriksaan terhadap data dari header information hingga payload yang merupakan isi dari data-data yang dikirim melalui Router. 

Deployment : Deployment ataupun Deploy merujuk pada semua proses yang terlibat dalam mendapatkan software atau hardware baru dan berjalan dengan baik, termasuk instalasi, konfigurasi, pengoperasian, pengujian, dan membuat perubahan yang diperlukan.

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : Merupakan metode yang dilakukan dalam pemberian nomor IP address pada suatu host secara otomatis.

DIGITAL : Sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh dirg (sinyal gangguan), tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskrit. 

Download : Merupakan suatu kegiatan mengambil data dari internet.

E


ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) : Merupakan komputer pertama yang diciptakan dengan bentuk yang sangat besar. J. Presper Eckert dan John William Mauchly adalah dua orang yang merancang komputer ini.

Entitas : Merupakan sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, yang mengacu pada individu, organisasi, produk, atau komponen sistem.

Exabyte : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer yang sama dengan satu triliun bita (skala pendek), Simbol dari EB yang memiliki kapasitas 1018 (1.000.000.000.000.000.000) byte.

Ekstensi file EXE (Executable File) : Merupakan jenis file yang digunakan pada Sistem Operasi Windows yang dapat menjalankan serangkaian perintah. 

F

FAT (File Allocation Table) : Merupakan sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara untuk beroperasi. Sistem ini juga digunakan oleh Microsoft sebagai penyimpanan datanya (Berhubung pencipta FAT adalah Bill Gates).

Flashdisk: Merupakan salah satu media penyimpanan dalam dunia komputerisasi.

FTP (File Transer Protokol):  Merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server 

G


Gigabita : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer, berkisar sekitar 1.024 MB, Simbol dari GB yang memiliki kapasitas 109 (1.000.000.000) byte.


H


Hard Drive : Merupakan tempat menyimpan semua data, data yang sudah disimpan di hard drive bersifat permanen, sehingga tetap berada di drive bahkan setelah daya dimatikan. Istilah "hard drive" merupakan singkatan dari "hard disk drive", biasa disebut juga hard disk.

Hardware : Merupakan komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, dan merupakan satu kesatuan sehingga membentuk sebuah komputer yang siap dioperasikan.

HTTP (Hypertext Transfer Protokol) :  Sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia. 

Hypervisor : Merupakan program software yang mengelola satu atau lebih mesin virtual. Hypervisor digunakan untuk membuat, memulai, menghentikan, dan mengatur ulang VM.

I


Input devices : Merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data – data dan memberikan perintah pada komputer.

Instance : Merupakan kumpulan proses yang berjalan di atas sistem operasi dan memori terkait yang berinteraksi dengan penyimpanan data (Server Virtual).

INTERNET (Interconnection Networking) : Merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem secara global yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani milliaran pengguna di seluruh dunia. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan Internet Working (antar jaringan). 

INTRANET (INTERNAL NETWORK) : Sebuah jaringan privat/privat network yang menggunakan protokol-protokol internet seperti TCP/IP yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dalam lingkup tertentu dengan area yang terbatas. Misalnya lingkungan sekolah, kampus atau kantor. 

J


Jumper : Merupakan connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit.

Justify : Perataan kanan dan kiri suatu paragraf dalam aplikasi pengolah kata.


K


Keyboard : Merupakan papan ketik yang biasa kita gunakan untuk memasukan karakter, aangka, dan simbol ke komputer untuk diolah menjadi informasi.

kilobyte : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer, berkisar sekitar 1.024 byte data, Simbol dari PB yang memiliki kapasitas 103 (1.000) byte.



L

LAN (Local Area Network) : Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil saja (lokal) seperti di dalam kampus,gedung,kantor ataupun rumah. 

Latency : Latensi merupakan Waktu yang diperlukan untuk mengirim dan menerima data.

LCD (Liquid Cryistal Display) : Merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan pada monitor komputer.


M


Machine Learning : Sebuah jenis dari Artificial Intelligence yang dapat "belajar" atau beradaptasi dari waktu ke waktu.

Maintenance : merupakan suatu kegiatan merawat komputer baik dari segi hardware maupun software, agar komputer tersebut selalu dalam keadaan baik.

MAN (Metropolitan Area Network) : Merupakan gabungan dari beberapa LAN, artinya suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,perkantoran, pemerintahan dan sebagainya.

Media transmisi: Merupakan media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Megabytes : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer, berkisar sekitar 1.024 KB, Simbol dari MB yang memiliki kapasitas 106 (1.000.000) byte.

MMC (Multi Media Card) : merupakan bentuk lama dari SD Card yang ukurannya lebih tipis dari SD Card,MMC umumnya digunakan untuk menyimpan data-data multimedia seperti musik, gambar dan video.

Motherboard : merupakan pengendali atau pengontrol semua hal yang terhubung untuk berkomunikasi dengan peranti yang lainnya dalam sistem.


N


NIC (Network Interface Card) : merupakan peripheral yang digunakan oleh komputer ataupun perangkat jaringan agar bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan.

O


OEM (Original Equipment Manufacture) : Merupakan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan kemudian dibeli oleh perusahaan lain, kemudian dijual kepada public dengan brand perusahaan pembeli tadi.

On-premise : Merupakan tempat penyimpanan dan pemeliharaan data di server lokal atau pribadi.

Operating System : Merupakan perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dan perangkat keras komputer. Tanpa adanya Sitem Operasi, komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan.

OSI (Open System Interconnection) : Merupakan sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.

Output device : Merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna.


P

PC (Personal Computer) : Adalah perangkat komputer yang biasa digunakan perorangan.

Packet Header : Merupakan paket yang berisi informasi mengenai protokol (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau informasi lainnya) data yang hendak ditransmisikan. 

Permission : Memberikan persetujuan atau otorisasi atau mengizinkan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Petabyte : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer, berkisar sekitar 1.024 TB (sekitar satu juta GB), Simbol dari PB yang memiliki kapasitas 1015 (1.000.000.000.000.000) byte.

PING : Merupakan suatu utilitas yang biasa digunakan untuk mengecek koneksi antara dua perangkat atau komputer dalam jaringan komputer. Ping biasanya dijalankan melalui terminal Linux ataupun command prompt Windows.

Power supply : Merupakan alat yang menyediakan tenaga listrik bagi semua komponen di dalam unit sistem.


Q

QoS (Quality of  Service) : Merupakan salah satu feature yang dimiliki oleh protokol TCP/IP.

Query : Merupakan suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk "pengolahan" lebih lanjut.

Quickstar Technology : Fitur ini memperpanjang umur baterai dengan memasuki status low power saat sedang tidak bekerja atau diantara pekerjaan meskipun dalam waktu yang sangat singkat.

Quit : Keluar dari suatu program atau berhenti menyelesaikan pekerjaan.

Quickstep : Mempercepat suatu pekerjaan dengan melewati dan menyetujui suatu syarat tertentu.


R


Random Access Memory (RAM) : Merupakan tempat didalam komputer dimana OS, program aplikasi dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat oleh prosesor. Atau secara umum sering dikatakan sebagai media penyimpanan sementara.

RDP (Remote Desktop Protocol) : Merupakan protokol multi-channel yang memperbolehkan user untuk terkoneksi dengan Microsoft Terminal Services. Pada bagian client dapat dilakukan remote dari sistem operasi Windows atau yang lainnya (Linux, FreeBSD, Mac OS X).

Refresh : Merupakan penyesuaian kembali (kondisi komputer khususnya software) ke keadaan sebenarnya.

Router : Merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk koneksi antar LAN (jaringan lokal) yaitu untuk meneruskan paket-paket data. 

S

SD Card (Secure Digital) : Merupakan jenis kartu memori yang biasanya digunakan dalam alat portabel seperti PDA, kamera digital, handphone dan komputer genggam (Notebook). 

SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) :  Merupakan suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan email atau pesan antar server yang bisa kita anggap sebagai kantor pos. Maksudnya, ketika kita mengirimkan email, komputer kita mengarahkan email tersebut ke sebuah SMTP server untuk diteruskan ke email server tujuan. 

Software : Merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimengerti oleh komputer. Software juga bisa disebut sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan di sebuah komputer untuk diteruskan atau diproses ke hardware.

Stabilizer : Merupakan perangkat tambahan pada komputer, yaitu sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menjaga kestabilan aliran listrik.

Storage : Merupakan peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan file dan data komputer, seperti Hardisk, SSD, dan lain-lain.

STP (Shielded Twisted Pair) : Merupakan jenis kabel jaringan yang secara fisik sama dengan kabel UTP, perbedaannya adalah kontruksi kabel STP mempunyai selubung tembaga atau aluminium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik.


T


Terabyte : Merupakan unit penyimpanan informasi atau komputer, berkisar sekitar 1.024 GB dalam satu terabyte (TB). Simbol dari TB yang memiliki kapasitas 1012 (1.000.000.000.000) byte.

Throughput : Merupakan kecepatan (rate) transfer Jumlah data efektif, yang diukur dalam bps, dan dapat dikirim dalam waktu tertentu.



U

Unix : sistem operasi yang digunakan pada PC maupun Mainframe.

Uptime : Adalah waktu dimana sebuah website dapat diakses/online.

UPS (Uninterruptible Power Supplies) : Dikenal juga dengan "Uninterruptible power source" merupakan perangkat elektronik yang menyediakan cadangan listrik sementara, ketika arus listrik utama terputus, atau untuk pengertian umumnya, alat yang digunakan untuk menstabilkan arus listrik yang diterima oleh peralatan elektronik.

Usability : Adalah layanan produk yang disediakan untuk kemudahan pengguna dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.

USB (Universal Serial Bus) : Merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal dan mendukung instalasi yang mudah dengan System Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. seperti, handphone, scanner, printer, mouse, keyboard, flash disk, hard disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps (juta bit per detik). Biasa digunakan untuk adaptor charging.

UTP (Unshielded Twisted Pair) : Merupakan sepasang kabel yang ditwist/dipilin satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel.

UUCP (Unix-to-Unix Copy) : merupakan salah satu program yang mengacu ke dalam suite, pada rangkaian program komputer dan protokol, untuk memungkinkan eksekusi perintah dan transfer jarak jauh file, surel dan netnews antara komputer. ,

V

Video Immersion : Merupakan nama satu set teknologi pemrosesan, yang digunakan oleh ATI Technologies di mereka Radeon kartu video. Ini adalah nama merk ATI gunakan untuk merujuk ke kompresi video fitur akselerasi di R100, R200, dan R300 kartu video.

Video Immersion II : Memiliki algoritma deinterfacing dan teknik konversi frame rate barn untuk meningkatkan ketajaman dan menghindari gambar yang tampak bergoyang.

Virtual sircuit : Sebuah proses pemesanan bandwith atau memori serta perjanjian terlebih dahulu antara pihak pengirim dan penerima paket TCP.

Virus : Merupakan program yang dimaksudkan untuk merusak sistem komputer kita tanpa sepengetahuan atau izin kita.

VRAM (Video RAM) : Merupakan tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.

Vxd (Virtual Extended Driver) : Sebuah format file dari Microsoft yang merupakan sebuah program. Program ini berfungsi untuk mengoperasikan device-device tertentu pada Windows.

W

WAN (Wide Area Network) : Merupakan sebuah jaringan yang memiliki cakupan jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

Warm Booting : Merupakan proses menghidupkan komputer di saat perangkat komputer sudah menyala dan teraliri listrik.

Web Hosting : Tempat untuk menyimpan semua halaman website kita dan membuatnya tersedia untuk komputer yang terhubung ke Internet.

WEP (Wired Equivalent Privacy) : sebuah fitur keamanan/security standar untuk peralatan wireless dengan memberikan tingkat privasi layaknya jaringan berbasiskan kabel.

Wiki : Merupakan sebuah situs website (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya (Open Source) untuk mengupdate (menambah atau mengedit) isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada perangkat lunak kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web tersebut.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) : Merupakan Teknologi telekomunikasi yang ditujukan untuk menyediakan layanan komunikasi data wireless jarak yang jauh dengan berbagai cara, mulai dari koneksi point-to-point sampai akses mobile cellular.

Wi-Fi (Wireless Fidelity) : Sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) melalui jaringan computer untuk bertukar data, termasuk koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi. 

X


Xabre : Chipset grafis dari SiS yang mendukung penuh AGP 8x dan DirectX. Chip ini merupakan chip grafis pertama yang mendukung kedua fitur tersebut.

X Terminal : Adalah sebuah terminal yang memakai antar muka pemakai grafis X. Antarmuka ini membolehkan kita untuk membuka banyak sekali jendela di layar dan melaksanakan semua jenis pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. X terminal popular di dunia UNIX.

XML (Extensible Markup Language) : XML termasuk dalam keluarga Markup Language seperti halnya HTML atau WML. Namun dengan XML, kita bisa mendefmisikan custom tag sendiri.

XMMS (X Multimedia System) : Adalah sebuah player untuk format MP3, WAV, MOD, dan format lainnya yang bisa digunakan pada sistem operasi Linux.

XT (eXtended Technologi) : Merupakan Istilah untuk komputer yang menggunakan processor Intel 8086/8088.

Y


Yahoo! : Merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical officiou orace.

Yahoo Messenger : Merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!.

Yongenskop : Merupakan shortcut atau jalan pintasan untuk memudahkan suatu pengguna memasuki program.

Yodium MD5 : Merupakan suatu perangkat lunak yang digunakan para pengguna untuk mengetahui kadar yodiumnya.

YouTube : Merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.


Z




Zip socket(zero Insertion force socket) : Merupakan Sebuah tipe socket yg didesain agar mudah dimasuki chip PGA.

ZIP : Merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain: PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS), WinZip (untuk Windows 95), zip dan unzip (gratis untuk UNIX)

Zoom : Memperbesar/memperkecil tampilan pada layar komputer

Z-buffer : Merupakan Area dari memori grafis yang digunakan untuk menyimpan Z atau kedalaman informasi atau objek yang digambar. Nilai Z-buffer sebuah pixel digunakan untuk menentukan apakah ia terletak di belakang atau di depan pixel lainnya. Kalkulasi Z mencegah objek pada background menimpa objek yang berada di depannya dalam frame buffer.

Posting Komentar untuk "Glosarium Berkaitan Dengan Teknologi, Pemrograman, Komputer, Dan Istilah Dalam Aplikasi."