Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Materi Dasar HTML Pemula #1: Pengertian & Sejarah HTML

HTML Logo


Halo Sobat SyTeekno - Jika kalian bertanya bagaimana cara untuk membuat website?. Maka Hypertext Markup Language (HTML) merupakan langkah pertama yang perlu dipelajari.

Berbicara tentang HTML, tidak hanya pada pengertiannya saja. Kita juga harus tahu seluk-beluknya jika ingin mahir bahasa HTML. HTML sendiri bukan bahasa pemrograman, bukan berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, blockquote, mengorganisir dan memformat dokumen, sama seperti Microsoft Word.

HTML ini memang bahasa yang bisa dibilang sangat wajib dipelajari, bagi yang mau menjadi web developer , maupun akademik untuk kelas 11 smk maka akan mempelajari Bahasa markup ini, karena HTML merupakan dasar untuk membuat web.

Dalam pembahasan HTML ini kita akan Belajar tentang Bahasa Pemrograman HTML dari awal (dasar) hingga membuat halaman HTML sendiri.

Oke langsung kita mulai saja...!

Pengertian HTML

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan pembuatan dasar dari halaman web browser untuk memanipulasi teks, gambar, dan konten lainnya. Ketika bekerja menggunakan HTML, kalian menggunakan kode yang sederhana seperti tag dan atribute untuk mark up halaman web. 

Untuk lebih jelasnya dan mudah dipahami...

Kenapa disebut dengan Hypertext?  

Karena dalam HTML, sebuah text dapat berfungsi lain. Nah dengan adanya hypertext, text akan mendefinisikan link antar halaman web. Contoh kita dapat membuat text yang berisi link yang bisa berpindah dari halaman web yang satu ke halaman web yang lainnya dengan mengeklik text tersebut. Inilah mengapa dinamakan dengan Hypertext, tetapi pada implementasinya tidak hanya mencangkup link saja.

Kemudian kenapa disebut dengan Markup Language, karena HTML menggunakan Mark (tanda) atau biasa kita kenal dengan tag HTML fungsinya yaitu untuk menandai bagian-bagian struktur dokumen dari text. Contoh, saya menggunakan tanda "Bold" untuk ketebalan text pada bagian tertentu dan jika dilihat maka text tadi akan berbeda ukuran dan ketebalan dari text yang lainnya.

HTML ini bertugas untuk menentukan struktur konten serta tampilan dari sebuah web. Untuk membuat website tidak hanya menggunakan HTML saja, ada juga CSS dan JS biasa dikenal dengan JavaScript. HTML digunakan untuk membuat konten (isi web) atau kerangka logis, CSS untuk memperindah tampilan sedangkan JavaScript membuat halaman web kita lebih interaktif. 

Agar kalian lebih mengerti bagaimana Bahasa HTML itu, kalian bisa klik kanan pada mouse lalu pilih View Page Source (lihat sumber halaman) atau CTRL+U di keybord kalian pada halaman ini, Nah disitu akan muncul HTML, CSS, dan JS menjadi satu.

Tenang saja di Syteekno ini kita akan mempelajari kode HTML ini secara perlahan. Kita bahas dulu Sejarah HTML.


Sejarah HTML

HTML muncul pada tahun 1980, yang dibuat oleh seorang ilmuan (ahli fisika) dari Lembaga Penelitian CERN yang berada di Swiss, ia bernama Tim Berners-Lee. CERN (Européen pour la Recherche Nucléaire) merupakan Lembaga Penelitian Fisika Nuklir.

Tim Berners-Lee (2005)

Pada awlanya, para pendiri CERN membutuhkan sebuah sistem dimana sistem ini bisa berbagi dokumen hasil penelitian. Kemudian, tim mencoba membuat ENQUIRE, yang merupakan sebuah software hypertext yan akan diguakan untuk berbagi dokumen melalui basis internet. Kemudian, pada tahun 1989, Tim mempublikasikan ide ini yang nantinya akan menjadi awal mula HTML.

Robert_Cailliau_On_Desk (1995)

Setelah itu, tim memulai proyek dengan rekannya, Robert Cailliau yang meupakan seorang System Engineer di CERN. Tetapi proyek ini tidak resmi dimiliki oleh CERN. Pada akhir tahun 1991, tim mengeluarkan versi html pertama, yang berjudul "Tags HTML". Dalam versi ini terdapat 18 tag awal yang menjadi konsep dasar HTML. Sebenarnya HTML merupakan implementasi dari SGML (Standard Generalized Markup Language) seperti tag (<title>, <p>, <li>, dan <h1> - <h6>). SGML sendiri juga merupakan bahasa markup, untuk membuat dokumen seperti heading, paragraf, dan  lain-lain. Tetapi tidak semua tag pada html berasal dari SGML, seperti tag Hyperlink, ini merupakan hasil murni pemikiran Tim Berners-Lee sendiri. Kemudian ide tentang HTML ini di publish dalam sebuah mailing list dan menjadi perhatian berbagai ilmuan komputer di berbagai penjuru dunia.

Sejak perilisan tersebut, HTML selalu merilis versi terbaru dengan atribut dan tag terbaru. Saat ini ada 140 HTML tag berdasarkan HTML Element Reference yang dimiliki oleh Mozilla Developer Network. Karena popularitas serta didukung oleh kemajuan teknologi, html terus berkembang. Kini HTML dianggap segabai website standar yang sudah resmi.

HTML kini dikembangkan oleh W3C dengan upgrade yang besar pada tahun 2014. Hasilnya yaitu tentang pengenalan HTML 5 dengan semantic baru sehingga dapat memberitahukan arti dari konten HTML tersendiri. Adanya web browser bertujuan untuk memudahkan pengguna saat membuka dokumen yang berformat HTML.

Mengapa menggunakan HTML?


Html membantu menyusun web kita dengan baik. Html bertindak sebagai kerangka untuk situs web, tanpa html, situs web tidak dapat dibuat. Jika kalian ingin bekerja menjadi Software Developer khususnya di domain Web Development, maka kita harus belajar HTML.  

Karena HTML itu...
  • Basis untuk membuat situs web: HTML adalah kebutuhan dasar yang harus diketahui pengembang saat membangun situs web dari awal.
  • Bahasa Dasar yang dipelajari dalam pengembangan Web: HTML adalah langkah pertama untuk mempelajari Pengembangan Web. Setelah Anda mempelajari HTML, Anda dapat membuat situs web statis yang sederhana dengan sangat mudah. Setelah itu, baru anda lebih mudah mempelajari bahasa pemprograman pendukung lainnya, seperti Javascript, CSS yang berada di lingkungan client side, maupun PHP, My SQL yang berada di lingkungan server side.
  • Modal awal untuk menjadi Freelancer Pengembangan Website: Karena pengembangan web memiliki ruang lingkup terbaik dalam freelancing, oleh karena itu mempelajari HTML pasti akan membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik untuk pengembangan situs web di pasar.

Untuk pembahasan selanjutnya kita masih membahas terkait dengan sejarah HTML, yaitu Perkembangan HTML dari awal hingga sekarang.

Posting Komentar untuk "Pengenalan Materi Dasar HTML Pemula #1: Pengertian & Sejarah HTML"