Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Subprogram


Subprogram merupakan bagian program yang berisi perintah atau statement menjadi prosedur atau fungsi dengan blok terpisah yang berada di dalam program utama, kemudian nanti eksekusinya akan dipanggil satu atau lebih lokasi pada subprogram jika diperlukan dan dilanjutkan pada instruksi setelah yang dipanggil subprogram. 

Dalam bahasa tingkat tinggi, subprogram juga disebut Rountine , procedure, dan function. Dalam bahasa berorientasi objek, biasanya disebut metode atau konstruktor. Kebanyakan bahasa tingkat tinggi modern, subprogram dapat memiliki parameter, variabel lokal, dan nilai yang dikembalikan.

Dalam pemrograman, kita juga bisa menyederhanakan sekumpulan perintah (statement) menjadi sebuah prosedur atau fungsi. subprogram bisa digunakan dengan memanggilnya di program utama atau prosedur lainnya. 

Prosedur bisa digunakan sebanyak yang kita mau, sehingga penulisan program akan jadi lebih singkat dibandingkan dengan meletakkan semua statement/pernyataan dalam kode program. write, readln , dll, seperti contoh prosedur yang sudah ada dalam pascal.

Pada tingkat bahasa assembly, subprogram memerlukan protokol linkage subprogram, karena melibatkan penunjukan register untuk tujuan khusus dan penggunaan instruksi khusus untuk eksekusi dan pengembalian subprogram.


Posting Komentar untuk "Pengertian Subprogram"