Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #1 : Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal

Belajar Pascal Part 1 dari SyTeekno
Kali ini saya memposting versi lengkap untuk lebih kalian pahami bagian-bagian dari awal sampai akhir, pada situs ini saya uga akan memposting untuk rangkumannya agar mudah dipahami pada bagian penting-pentingnya. Semoga situs ini bisa membagikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua dan bisa terus berkembang.😁

Oke langsung saja kita baca materi pembahasannya😊.

Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal 


Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Profesor Niklaus Emile Wirth atau biasa dikenal dengan Profesor Niklaus Wirth, pada tahun 1968-1969 dan dipublikasikan pada tahun1970, sebagai alat bantu untuk mengajarakan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya, dan untuk melengkapi kekurangan bahasa pemrograman pada saat itu. puncak kepopulerannya pada era 1970 sampai awal 1990 an (dengan compiler pascal). Sedangkan nama Pascal sendiri diambil dari ahli matematika Prancis yaitu Blaise Pascal untuk menghormatinya. 


Nah sekarang ini pemrograman Pascal digunakan sebagai salah satu pemrograman komputer yang juga dipakai untuk kelas 10 smk, maupun pada tahun pertama di bangku kuliah yang mengambil jurusan komputer, pada bidang akademis sebagai pengenalan pem]an bahasa pemrograman seperti bagaimana cara kerja pemrograman komputer, mempelajari algoritma, konsep & Struktur Code dan juga untuk OSN (Olimpiade Sains Nasional), karena perintah dalam pascal itu mirip dengan bahasa inggris sehari hari (begin, write, read, dan end). Pascal ini terstruktur dan tersusun atas blok-blok yang kita kenal dengan subprogram. 


Pemrograman Pascal ini juga sempat menjadi bahasa pemrograman utama dalam pengembangan Apple Lisa, yakni Sistem Operasi Apple Macinthos, dan Sistem Operasi Apple Pascal, ngomong-ngomong versi pertama Photoshop juga menggunakan Bahasa Pascal loh.



Fitur Bahasa PASCAL

Bahasa Pemrograman Pascal juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, kelebihannya yaitu:


Tipe Data Bawaan


Yaitu Tipe Data Standar yang umum terdapat pada bahasa pemrograman komputer seperti Integer, Real, Character, dan Boolean.

Tipe Data Bentukan


Merupakan tipe data yang dapat kita definisikan sendiri sesuai kebutuhan dalam program yang akan dibuat.

Tipe Data Standar Pascal


String, real, char, integer, dan boolean yang umumnya tersedia di berbagai bahasa pemrograman.

Tipe Data Terstruktur


Merupakan tipe yang berbentuk struktur data seperti Array, Record, File dan Set.

Aturan Tipe Data Yang Ketat


Pascal membatasi penggunaan tipe data secara ketat. Kita hanya bisa menggunakan variabel untuk 1 tipe data saja dan variabel tersebut harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Mendukung Struktural Programming


Bahasa Pascal sendiri dirancang dengan konsep pemrograman terstruktur yang mendukung sub program melalui fungsi dan prosedur.

Sederhana dan expresif


Pascal banyak menggunakan perintah-perintah dalam bahasa inggris sederhana, sehingga sangat mudah untuk dipahami.

Mendukung pemrograman objek


Meskipun tidak banyak yang membahasnya, tetapi Pascal juga mendukung pemrograman berbasis objek, terutama pada compiler versi terakhir.


Strongly typed 

Seorang programmer harus menentukan tipe data variabel.

User Defined data typed 

Seorang progammer dibolehkan untuk membuat tipe data yang masih turunan dari tipe data standar.

Sementara itu, kekurangan dalam bahasa pemrograman pascal, antara lain:

  • Tidak fleksibel dan memiliki banyak kekurangan dalam pembuatan aplikasi besar.
  • Sintaksnya terlalu bertele-tele.
  • Versi Pascal yang awal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan database terbatas.

Mengenal Borland Turbo Pascal


Turbo Pascal merupakan compiler (program untuk menjalankan bahasa pascal) dan lingkungan pengembangan terintegrasi  IDE (Integrated Development Environment) yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika yaitu Borland. Turbo Pascal merupakan salah satu dari banyak compiler pascal yang tersedia. Pada periode 1980an, terdapat aplikasi UCSD PascalMicrosoft Pascal, maupun QuickPascal yang digunakan untuk menjalankan bahasa pemrograman Pascal.


Untuk Turbo Pascal 7 sebenarnya merupakan aplikasi berbayar dan tidak dirilis dengan gratis. Borland secara resmi merilis Turbo Pascal 1.0, Turbo Pascal 3.02 dan Turbo Pascal 5.5 dengan gratis, namun tidak untuk Turbo Pascal 7.


Meskipun populer, Turbo Pascal ini sudah jauh melampaui zamannya. Turbo Pascal versi terakhir (Turbo Pascal 7) saja dirilis pada tahun 1992 untuk Sistem Operasi Microsoft DOS (MS-DOS) yang dijalankan pada arsitektur 16-bit. Jadi kita tidak bisa menjalankan aplikasi Turbo Pascal di sistem operasi modern seperti Windows 7/ 8 yang menggunakan arsitektur 32-bit atau 64-bit. Turbo Pascal juga sudah tidak dikembangkan dan tidak dijual  lagi oleh Borland.


Sehingga pada saat ini, kebanyakan yang beredar merupakan ‘bajakan’ dari versi aslinya. Oleh karena itu kami menyarankan kalian untuk menggunakan Free Pascal. Dari sisi fitur dan tampilan, baik Turbo Pascal 7 dan Free Pascal sangatlah mirip.



Compiler Free Pascal


Cara agar dapat kita menjalankan aplikasi Turbo Pascal 7 adalah dengan menggunakan emulator MS-DOS seperti DOSBox . Emulator merupakan sebuah program yang mensimulasikan suatu sistem di dalam sistem lain, sehingga kita bisa menjalankan Turbo Pascal dari dalam DOSBox. Nah untuk menjalankan Pascal sendiri kita menggunakan compiler Free Pascal, kalian bisa mendownload dari sumber ini www.freepascal.org


Free Pascal merupakan aplikasi compiler pascal yang terus dikembangkan hingga sekarang oleh berbagai programmer dari seluruh dunia dan secara sukarela dibagikan dan digunakan secara gratis bagi pengguna lainnya. Free Pascal bisa kalian diinstal langsung ke dalam sistem operasi modern tanpa menggunakan emulator/aplikasi tambahan. 


Apakah kita perlu untuk Belajar Pascal?

Jika dilihat dari berbagai aspek, bahasa pemrograman pascal sudah tidak digunakan dan tidak membutuhkan keahlian bahasa pemrograman pascal lagi dalam pekerjaan seperti lowongan kerja programmer pada saat ini. jadi untuk apa kita mempelajari pascal?

Sekarang ini Pemrograman Pascal digunakan sebagai pembelajaran wajib untuk kelas 10 smk sebagai pengenalan awal untuk pembelajaran bahasa pemrograman komputer, nah yang dipelajari yakni tentang algoritma, pemrograman dari dasar dan juga siswa SMK/SMA yang ingin mengikuti olimpiade komputer. Pascal juga cocok untuk siswa SMA yang berencana mengambil jurusan Ilmu Komputer/Tekni Informatika. Sebenarnya ada lagi yang cocok bagi yang baru mempelajari bahasa pemrograman komputer yaitu Bahasa Pemrograman Python karena Bahasa Pemrogramannya bisa dibilang cukup simple untuk struktur codenya.

Karena berbagai alasan dan sejarah yang panjang, pada saat ini Pascal ‘kalah bersaing’ dengan bahasa pemrograman lain, seperti C, C++, Java, bahasa BASIC (melalui Microsoft Visual Basic). Ini terjadi  karena dari sisi marketing dan kurangnya dukungan Industri.

Contoh, banyak kalangan yang menganggap Pascal lebih bagus dan lebih terstruktur dibandingkan dengan BASIC, namun BASIC didukung oleh perusahaan sekelas Microsoft dengan Microsoft Visual Basic, sehingga lebih populer dibandingkan Borland Delphi (aplikasi sejenis Visual Basic yang menggunakan bahasa Pascal).

Meskipun tidak populer saat ini Pascal masih banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman pengantar di sekolah dan universitas.

Jika kalian sudah memahami garis besar algoritma dan ingin menguasai bahasa pemrograman komputer lainnya dan bisa digunakan untuk ‘dunia kerja’, Pascal mungkin tidak terlalu cocok. Jadi kalian bisa langsung mempelajari C++, C#, Java atau sekarang versi terbarunya kotlin, Python, atau bahasa pemrograman modern lainnya.

Saat ini juga tersedia aplikasi Lazarus (www.lazarus-ide.org) fiturnya mirip dengan Microsoft Visual Basic dan Borland Delphi untuk membuat aplikasi Windows dengan cepat. Aplikasi ini bisa kita gunakan secara gratis, sehingga bahasa pascal yang telah kita pelajari masih bisa digunakan untuk membuat proyek ‘real world’.




Sekian untuk pembahasan ini, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya yaitu Belajar Pascal Part 2: Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal.

Posting Komentar untuk "Materi Pascal #1 : Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal"