Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latar Belakang Niklaus Wirth (Niklaus Emile Wirth)

Latar Belakang Niklaus Emil Wirth (Niklaus Wirth)



dikutip dari wikipedia.org

Niklaus Emil Wirth (Niklaus Wirth) lahir pada tanggal 15 Februari 1934. Ia merupakan seorang ilmuan komputer di Swiss. Dan ia juga sudah merancang beberapa bahasa pemrograman dan memelopori beberapa topik klasik dalam rekayasa perangkat lunak. 


Dia juga terlibat dalam pengembangan standar Internasional dalam Pemrograman dan Informatika, sebagai anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971 tentang Bahasa Algoritma dan Kalkuli, yang menetapkan, memelihara, dan mendukung bahasa pemrograman ALGOL 60 dan ALGOL 68.


  • Pada tahun 1984, ia memenangkan Turing Award, dan diakui sebagai penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer.
  • Pada tahun 1959, ia memperoleh gelar Bachelor of Scient (B.S.) pada bidang teknik elektronik dari Swiss Federal Institute of Technology Zürich (ETH Zürich).

  • Pada tahun 1960, ia juga memperoleh gelar Master of Science(MSc) dari Université Laval, di Kanada.
  • Pada tahun 1963, ia dianugrahi gelar PhD di bidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer (EECS) dari University of California, Berkeley, dan diawasi oleh pelopor desain komputer Harry Huskeley.
  • Tahun 1963 sampai 1967, ia menjabat sebagai Asisten Profesor ilmu komputer di Stanford University dan di University of Zürich . Kemudian pada tahun 1968, ia menjadi Profesor Informatika di ETH Zürich, ia mengambil dua kali cuti panjang selama satu tahun di Xerox PARC di California(1976-1977) dan (1984-1985). Ia pensiun pada tahun 1999.


Sekian pembahasan kali ini, silakan bertanya jika ada yang belum paham atau ada kekurangan dalam postingan ini. Dan jangan lupa juga kunjungi Pengertian Pemrograman Pascal, Oke see you next time. 

Posting Komentar untuk "Latar Belakang Niklaus Wirth (Niklaus Emile Wirth)"