Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #3 : Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Free Pascal


Dalam Pembahasan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Belajar Pascal Part2: Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal. Sekarang kita akan membahas tentang . 

Untuk menjalankan kode program dalam pascal kita memerlukan aplikasi Compiler Pascal. Proses untuk penginstalasian Free Pascal mudah sekali, untuk itu saya sendiri merekomendasikan untuk menginstal Free Pascal bagi kalian yang hanya ingin mengetahui bagimana kode kode yang ada di dalam pascal. 


Mendownload Free Pascal

Nah, aplikasi Free Pascal ini kalian bisa dapatkan secara gratis melalui situs resminya http://freepascal.org. 

Untuk mengunduh aplikasi ini, klik menu Download pada bagian atas situs atau pada bagian sidebar (samping) situs.

Mendownload Pascal melalui web bag 1 syteekno


Setelah mengeklik Download tadi, selanjutnya pada halaman ini kita akan memilih sistem operasi yang digunakan. Pilihan pada halaman ini cukup banyak, karena disini saya menggunakan sistem operasi windows,  maka saya akan menggunakan yang Intel/i386 -> Windows 32-bit (and a cross-compiler ARM/MIPS/i386-Android).

Mendownload Pascal melalui web bag 2 syteekno


Karena jika kita memilih sistem yang AMD64/Intel 64/x86_64 -> Windows 64-bit, pilihan ini tidak berisi compiler pascal, tetapi sejenis aplikasi tambahan untuk mengkonversi hasil compiler Free Pascal dari 32 bit ke 64 bit. Jadi pilihan ini bukanlah aplikasi yang kita butuhkan.

Compiler pada link pertama tadi, berjalan sempurna pada sistem 32-bit maupun sistem 64-bit, sudah termasuk versi terbaru windows.

Langkah selanjutnya, kalian bisa memilih link alamat apapun, tetapi kali ini saya memilih alamat miror dari SourceForge:

Mendownload Pascal melalui web bag 3 syteekno


Agar cepat pada halaman tersebut silakan klik link berikut https://sourceforge.net/projects/freepascal/files/latest/download. Pada halaman SourceForge, kalian klik link seperti pada gambar diatas untuk mendownload Aplikasi Free Pascal yang nantiya akan mendownload sendiri dalam hitungan mundur 5 detik. seperti gambar dibawah:

Mendownload Pascal melalui web bag 4 syteekno


Mendownload Pascal melalui web bag 4.1 syteekno


Aplikasi Free Pascal berukuran sekitar 53.5 MB. Pada saat pembahasan ini modifikasi pada mei 2021, versi terakhir Free Pascal adalah versi 3.2.2.

Aplikasi Free Pascal tersedia untuk berbagai sistem operasi yang populer saat ini seperti Windows, Linux, dan Mac OS, maupun pada perangkat yang menurut saya tidak lazim seperti Nitendo DS, Nintendo Wii, dan Game Boy Advance.


Untuk penginstalasiannya sebenarnya sudah ada petunjuknya pada bagian bawah halaman Sourceforce.


Jika dilihat pada kalimat "so just follow the instructions to install it." yang artinya jadi kita hanya mengikuti instruksi untuk menginstal. dan pada kalimat selanjutnya harus mengatur path environment.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang "Mendownload Free Pascal", sekarang kita akan membahas tentang Instalasi Free Pascal. 


Cara Instalasi Free Pascal 

Setelah mendownload aplikasinya, kalian cek dulu di windows explorer pada bagian download (bagi yang mengatur tempat download sebagai default di aplikasi browser).

Untuk proses instalasinya sendiri sama dengan saat kita mengintalasi aplikasi lainnya, kita hanya tinggal klik next-next saja. Sebelumnya kita sudah mendownload aplikasinya, selanjutnya  kita langsung saja ke tempat file download kalian. File tersebut bernama fpc-3.2.0.i386-win32.exe, biasanya format file yang kalian temui di windows explorer tidak muncul exe nya, jadi yang akan muncul fpc-3.2.0.i386-win32.  kemudian klik file tersebut seperti gambar dibawah ini.

Mendownload Pascal bag 6


Jendela pertama

Instalasi Pascal bag 1

Pada jendela ini tampil “Welcome to the Free Pascal Setup Wizard”, silahkan klik Next.


Jendela Kedua


Instalasi Pascal bag 2

Pada jendela kedua akan tampil “Select Destination Location” disini kita bisa mengatur tempat file instalasi Free Pascal. Di sini saya akan mengatur secara default saja, jadi tempat file yang akan saya gunakan berada pada disk C:\FPC\2.6.4. Kalian bisa mengubah tempat file ini ke disk atau folder lain, agar mudah kalian akses, seperti D:\FreePascal, atau C:\FreePascal. Saya ingatkan tempat file ini tidak akan berpengaruh apa-apa ketika menjalankan aplikasi nantinya, jadi kalian bebas mengatur tempat filenya. Klik Next.



Jendela Ketiga


Instalasi Pascal bag 3
Pada Jendela ketiga akan tampil “Select Components”. Pada bagian ini kita bisa memilih jenis instalasi Free Pascal, yakni Full Instalation, Minimum Instalation atau Custom Instalation. Apabila kalian tidak memiliki masalah dengan kapasitas hardisk, saya sarankan untuk memilih pengaturan default: Full Instalation. Klik Next untuk melanjutkan.


Jendela Keempat



Instalasi Pascal bag 5



Pada jendela keempat akan tampil “Select Start Menu Folder”. Pada bagian ini kita bisa mengubah nama Shortcut Free Pascal pada saat kita mengakses melalui Start Menu. Disini saya membiarkan pilihannya tetap ada dan klik Next.


Jendela Kelima

Instalasi Pascal bag 5


Pada jendela kelima akan tampil “Select Additional Tasks” Pada bagian ini, bisa untuk mengatur beberapa konfigurasi seperti file assosiation, membuat shortcut, dan konfigurasi compiler. Khusus pada menu file assosiation, terdapat pilihan untuk men-checklist Associate .pas files with Free Pascal IDE dan Associate .dpr files with Free Pascal IDE.


Extension .pas merupakan extension file yang digunakan untuk membuat kode program pascal. Contoh, kode program untuk menghitung jari jari lingkaran kita beri nama r_lingkaran.pas, atau lingkaran.pas.

Kenapa memilih Associate .pas files with Free Pascal IDE. Karena, ketika kita klik double file tersebut dari Windows Explorer, kode program dalam file tersebut akan langsung ditampilkan pada aplikasi Free Pascal. Kalian boleh memilih pilihan ini agar lebih mudah ketika mengedit kode program. Klik Next untuk melanjutkan.


Jendela Keenam

Instalasi Pascal bag 6

Instalasi Pascal bag 6.1



Pada jendela keenam akan tampil “Ready to Install”. Pada bagian ini akan diperlihatkan pilihan-pilihan konfigurasi yang telah dipilih. Jika semuanya sesuai, klik tombol Install untuk memulai proses instalasi. 
Instalasi Pascal bag 6.1.2



Ketika sudah selesai, akan tampil jendela “Information”. Jendela ini berisi informasi mengenai versi Free Pascal dan fitur-fitur baru yang ditambahkan. Klik Next untuk melanjutkan.

Jendela ketujuh

Instalasi Pascal bag 7



Pada jendela terakhir akan tampil “Completing the Free Pascal Setup Wizard” maka proses instalasi Free Pascal sudah selesai. Klik Tombol Finish untuk mengakhiri. Biasanya setelah klik finis akan muncul "readme.notepad " yang tadi berisi "information". kalian close saja.


Setelah kalian meng-close notepad tadi maka saat kalian menuju ketempat tampilan desktop, akan terlihat sebuah shortcut bernama Free Pascal IDE. Silahkan double klik icon ini untuk menjalankan aplikasi Free Pascal.





Sampai disini, aplikasi Free Pascal telah terinstall sepenuhnya, dan bisa memulai membuat kode program pascal. Untuk ukuran file (termasuk berkas) semuanya ada 365 MB.

Ukuran setelah Instalasi Pascal


IDE (Integrated Development Environment), adalah sebuah lingkungan pengembangan software yang terintegrasi. Sebuah aplikasi IDE biasanya terdiri dari code editor, compiler, debugger, dan beberapa fasilitas lain untuk memudahkan pembuatan program komputer.

Selanjutnya kita akan membahas "Mengatur jendela aplikasi Free Pascal dan font. Saya akan melakukan beberapa setingan pada pengaturan Pascal agar tampilannya lebih user friendly.

Posting Komentar untuk "Materi Pascal #3 : Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Free Pascal"