Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #4 : Menjalankan Program Pascal

Sebelumnya kita sudah mempelajari Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Free Pascal. Sekarang kita akan mempelajari Cara bagaimana menjalankan program pacal?.

Belajar Pascal Part 4: Menjalankan Program Pascal


Sebelumnya kita sudah membahas tentang menginstalasi Free Pascal, sekarang waktunya kita mencoba kode program pertama kita. Kita akan membahas alur kerja dan cara menjalankan kode pascal.

Contoh, disini saya ingin menampilkan teks "Hello World" menggunakan Pascal. Sebelum memulai alangkah baiknya kita membuat new folder terlebih dahulu, agar mempermudah kita dalam menempatkan file pascal dan tidak tercampur dengan folder kita yang lain. Di sini saya membuat folder (file pascal yang akan simpan) dengan format "Belajar Pascal" pada disk "C:\FPC\" letaknya bersebelahan dengan versi pascal.

Urutan membuat Dokumen Pascal

Membuat File Baru


Untuk membuat file baru, klik File pada bagian kiri atas kemudian klik new.



Selanjutnya akan tampil layar biru (background default pascal)


Pada bagian tengah terdapat nama "noname01.pas" dengan ekstension ".pas", artinya ini merupakan file sementara (temporary) ketika file pascal belum disimpan. seperti yang saya katakan tadi, di sini saya akan membuat program klasik dengan tema "Hello World", berikut kode programnya.

1
2
3
4
5
6
program hello_world;
begin
writeln('Hello World');
writeln('Sedang belajar pascal...');
readln;  
end.

Untuk pembahasan maksud kode diatas akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Menyimpan File Kode Pascal


Untuk menyimpan kode pascal, klik File kemudian klik Save (alternatiftnya kalian bisa tekan F2 pada keyboard).

Kalian bisa lihat di situ terdapat format “C:\FPC\2.6.4\bin\i386-win32\*.pas”, yang merupakan posisi default saat menyimpan file pascal. Disini saya akan mengubah tempatnya tempat menyimpannya menjadin"C:FPC\Belajar Pascal\*.pas", merupakan alamat menyimpan untuk folder pascal saya. Untuk "*.pas" yang tanda "*" untuk file nama program yang sudah jadi dan akan kalian simpan. Dan untuk mengatur file yang akan disimpan pada folder mana, kalian klik tanda “..\”. Tanda “..\” digunakan untuk naik 1 folder dari posisi sekarang. Setelah selesai kalian klik ok.
".pas" merupakan file kode pascal.


Untuk mengetahui apakah sudah tersimpan filenya atau belum, kalian cek folder yang kalian simpan tadi pada Windows Explorer.


Jika kalian lihat pada bagian format alamatnya "C:FPC\Belajar Pascal\" dan akan terdapat file belajar Pascal.pas. artinya file program yang sudah jadi tadi sudah tersimpan.


Meng-compile Kode Pascal (File.exe)


Setelah menyimpan file, selanjutnya adalah mengcompile kode programnya. Sederhananya Compile adalah proses untuk membuat program executable (file.exe) dari program (kode) yang sudah dibuat. Pengertian dari saya sendiri jika program sudah dicompile pada saat membuka dengan akhiran ekstensi ".exe" maka akan langsung membuka aplikasi serta membuka program yang sudah saya buat tadi.

Untuk meng-compile program pascal, klik compile (alternatif ALT+F9).

Ketika proses mengcompile, program free pascal akan memproses seluruh kode program yang sudah kita buat dan akan menampilkan eror (jika ada kesalahan dalam pembuatan programnya) atau menampilkan “Compile sucessfull: Press any key” jika berhasil.


Klik tombol kotak warna hijau untuk keluar, dan untuk mengetahui hasilnya, periksa kembali pada folder "Belajar Pascal" menggunakan win explorer. 

Terdapat 2 buah file tambahan dengan ekstensi ".o" dan ".exe". Untuk ".o" merupakan object code yang digunakan secara internal oleh free pascal. sedangkan ".exe" merupakan hasil kode program pascal yang dibuat, atau ada juga yang menemukan file tambahan lagi yaitu ".bak" digunakan untuk file backup.

Menjalankan Kode Program Pascal


Kalian bisa melihat hasil kode pascal pada ekstensi".exe" atau meng-run dari dalam aplikasi free pascal. Caranya dengan klik Run (alternatif CTRL+F9). 

Dan akan muncul seperti ini, untuk keluar daln kembali ke editornya, kalian tekan Enter (pada keyboard) 2x.

Dalam pembahasan ini kita sudah mempelajari cara menjalankan kode program pascal dan alur kerjanya. Selanjutnya kita akan membahas tentang Aturan Dan Cara Penulisan Pascal.


Posting Komentar untuk "Materi Pascal #4 : Menjalankan Program Pascal "