Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #8 : Penggunaan Perintah Writeln dan Write Serta Perbedaannya


Sebelumnya saya sudah membahas tentang ini pada part , tetapi pada pembahasan sebelumnya saya hanya menampilkan cuplikannya saja. Kali ini, saya akan membahas lebih lanjut tentang Penggunaan Perintah Dasar Serta Perbedaannya. 

Fungsi & Perbedaan Write dan Wrtiteln


Perintah Write dan Writeln ini, sangat sering digunakan dalam kode program pascal. jadi tidak ada salahnya untuk mencoba memahami lebih dalam perintah dasar ini. Write dan Writeln sama-sama untuk menampilkan 'output' dari kode program pascal. Akan tetapi, ada perbedaan pada perintah dasar tersebut, perbedaannya terletak pada 'output' bagian barisnya.

Perintah Write, jika pada inputnya kita tulis beda baris maka untuk tampilan 'output', akan tetap pada satu baris, kecuali kita memisahnya dengan perintah writeln.

Untuk perintah Writeln, jika pada inputnya kita tulis beda baris maka untuk tampilan outputnya akan beda baris atau membuat baris baru seperti pada inputnya,, (alternatif, seperti Enter). 

Data-output ini, bisa berupa teks, atau bisa diambil dari nama variabel maupun konstanta, dll. Agar lebih mudah untuk dipahami, saya berikan contoh program yang memperlihatkan perbedaan kedua perintah ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
Program Perintah_Dasar; uses crt; Const L = 30; IDR = 14000; Var nama :string =('Miftakhul'); Sekolah : string =('SMK N 1 Tengaran'); begin clrscr; //kita mulai dengan deklarasi konstanta terlebih dahulu write('Lebar = '); writeln(L); write('IDR = '); writeln(IDR); //atau juga bisa langsung writeln(L); writeln(IDR); {Deklarasi Variabel} write('nama= '); writeln(nama); write('sekolah= '); writeln(sekolah); writeln(nama); writeln(sekolah); //atau kita juga bisa langsung tanpa perlu deklarasi
write('www.'); write('syteekno.'); write('genbisoft.'); write('com'); writeln; writeln('www.'); writeln('syteekno.'); writeln('genbisoft.'); writeln('com'); readln; end.
Hasil kode program : 



Dapat dilihat untuk hasil program diatas, yang perintah dasar 'write' akan tetap satu baris walaupun pada input kita menulisnya beda baris (enter), output tetap akan berada satu baris. Dan kalian juga melihat pada baris ke 41.

Kenapa saya menambahkan 'writeln;' tanpa isi teks?. Karena 'writeln' sendiri sudah berfungsi sebagai Enter meskipun tanpa teks, jika pada baris ke 41 saya tidak memberikan 'writeln' maka, tampilan outputnya, pada baris 40 dan 42 menggabung. 

Penulisan Perintah Dasar Serta Penggabungan Dengan Variabel/Konstanta


Ingat jika kita ingin menampilkan teks pada output maka setiap kita menulis perintah dasar (write, dan writeln) harus ditulis diantara tanda kurung, dan untuk tulisan langsung berupa karakter (char) atau (string), maka setelah tanda kurung harus diberi tanda petik satu. Dan apabila yang akan ditampilkan berupa angka, variabel, atau konstanta, maka tidak perlu pakai tanda kutip.

Berikut Contoh programnya:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
Program PD_PVK; Uses crt; const kota = 'Semarang'; situs = 'www.syteekno.genbisoft.com'; Var nama : string = 'Miftakhul'; kelas: Integer= 10; begin clrscr; writeln('nama= ',nama ); writeln('kelas= ',kelas); writeln('kota= ',kota); writeln('Situs= ',situs); readln; end.

Hasil dari kode program diatas

Perintah Dasar

Atau juga bisa kita gabung seperti ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Program PD_PVK; Uses crt; const kota = 'Semarang'; situs = 'www.syteekno.genbisoft.com'; Var nama : string = 'Miftakhul'; kelas: Integer= 10; begin clrscr; writeln('nama = ',nama,'. kelas = ',kelas,'. kota = ',kota,'. situs = ',situs); readln; end.

Hasilnya:



Sekarang kita sudah selesai membahas Penggunaan Perintah Writeln dan Write. Pembahasan selanjutnya, kita akan membahas Penggunaan Perintah Readln dan Read.

Posting Komentar untuk "Materi Pascal #8 : Penggunaan Perintah Writeln dan Write Serta Perbedaannya"