Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan HTML Dari Awal Hingga Sekarang

HTML Logo


Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian & Sejarah HTML. Masih dalam sejarah, Sekarang kita akan membahas tentang Perkembagan HTML. 

Beberapa Versi HTML


HTML mempunyai beberapa versi, dari awal perilisan hingga yang terbaru. Berikut merupaka sejarah perkembangan HTML:

1. HTML Versi 1.0 

    Pada tahun Juni 1993, merupakan versi HTML pertama, namun tidak resmi dirilis. Versi ini merupakan pionir yang masih mempunyai banyak kelemahan sehingga tamplannya masih sederhana. Tetapi sudah mempunyai kemampuan untuk membuat dokumen (Paragraf, List, Hypertext, dan Text Bold atau Italic), dan juga mendukung peletakan gambar tanpa wrapping.
 

2. HTML Versi 2.0

    Dirilis pada 24 November 1995, merupakan versi kedua HTML yang resmi untuk pertama kali yang beredar di pasaran dan dirilis oleh IETF. Pada versi ini memiliki fitur tambahan, yaitu kualitas lebih baik, memiliki kemampuan untuk menampilkan data/form pada dokumen serta menginput alamat, nama, dan komentar. HTML versi ini merupakan pionir untuk web interaktif.


3. HTML Versi 3.0

    Versi ini gagal beredar pada 28 Maret 1995, dikarenakan banyak perubahan yang memicu banyak  perdebatan. Pada versi ini memiliki tambahan fitur dengan fasilitas baru yaitu figure. Figure merupakan perkembangan dari image(gambar) yang berfungsi untuk meletakkan gambar serta label. Dan juga mendukung adanya rumus matematika pada dokumen. Sekarang untuk HTML versi 3.0 diganti dengan versi 3,2.


4. HTML Versi 3.2 

    Versi ini resmi dirilis oleh W3C pada 14 Januari 1997 untuk pertama kali, versi ini merupakan versi yang paling sering digunakan, karena memiliki teknologi untuk meletakkan teks pada gambar, sehingga gambar memiliki latar belakang, frame, style, tabel, dsb. Versi ini juga mendukung kinerja HTML untuk menggunakan script.

5. HTML versi 4.0

    Dirilis oleh pengembang sebelumnya, pada 24 April 1998. Pada versi ini  mengalami banyak sekali perubahan dari versi sebelumnya, perubahan pada perintah html yaitu image, tabel, text, link, form, dsb.


6. HTML Versi 4.01

Dirilis pada 24 Desember 1999. Versi ini merupakan perbaikan dari versi 4.0, yang juga menjadi standar untuk element/atribut pada html.


7. HTML Versi 5.0

    Dirilis pada 28 Oktober 2014. Versi ini, sekarang merupakan versi terakhir dari HTML, yang biasa kita sebut dengan HTML 5. HTML 5 merupakan prosedur pembuatan tampilan web terbari dengan menggabungkan antara CSS, HTML dan JS (JavaScript). Versi ini dibuat dari informasi W3C dan IETF

HTML 5 merupakan versi terbaru dan terupdate dengan fitur yang lebih lengkap. Karena memiliki fitur canggih yaitu support pada embed vidio dan audio, sehingga bisa menggunakannya ke halaman website yang diinginkan.

Fiturnya juga mendukung untuk grafis vektor dengan skala dan math untuk rumus matematika, fisika atau lainnya. HTML 5 juga memperkenalkan perbaikan ranah semantic pada browser sehingga konten dapat dilihat dan dibaca oleh pengguna lain. 

Untuk pembahasan sejarah HTML ini, kalian pasti sudah memahami apa itu HTML?


Kesimpulan dari apa yang kita pelajari


HTML (Hypertext Markup Language) merupakan sebuah bahasa markup (tanda) yang digunakan untuk membuat serta menyusun dokumen dalam program Microsoft Word. HTML memiliki dua tipe yaitu block level dan inline tags. Elemen block level merupakan elemen yang menggunakan semua space yang ada serta line baru dalam dokumen (paragraf dan heading).

Element block level terdapat tiga tag yang harus dimiliki pada setiap dokumen, yaitu HTML, Head dan Body. Untuk tag HTML merupakan element yang menyertakan HTML pada dokumen, tag Head untuk menyimpan informasi seperti judul dokumen, dan tag Body untuk melampirkan komnten dalam dokumen.

Untuk Inline Tags merupakan element yang menggunakan space sesuai dengan keperluan., serta tidak membuat line baru dalam dokumen. Element ini akan memformat semua isi yang ada didalam konten, termasuk yang berisi link. Tag ini digunakan untuk memformat teks tebal, miring maupun garis bawah.

Beberapa elemen, termasuk dalam elemen inline yaitu hyperlink. Hyperlink merupakan elemen yang mewajibkan adanya tag dan atribut untuk link. Gambar/image merupakan elemen inline yang dapat ditambahkan pada dokumen. Dengan adanya gambar, tampilan yang ada di dalam dokumen lebih menarik untuk dibaca.

Kalian juga dapat belajar HTML dan mengenal cara kerjanya. Dokumen HTML merupakan file yang mempunyai HTML. File ini dapat dilihat dengan menggunakan web browser. Web akan membaca isi konten file HTML sehingga konten yang ada dapat dibaca oleh pengguna.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang Menjalankan file HTML.

Posting Komentar untuk "Perkembangan HTML Dari Awal Hingga Sekarang"