Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, serta Contoh Hardware pada Komputer

Pernahkah kalian mendengar kata 'Hardware'. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software, begitu juga sebaliknya 'software' tidak akan berfungsi tanpa adanya hardware. kali ini saya akan membahas tentang hardware.







Pengertian Hardware (Perangkat Keras Komputer)



Hardware (Perangkat Keras Komputer) merupakan komponen komputer yang dapat dilihat dan dirasakan secara langsung, bertugas untuk menyusun perangkat komputer supaya bisa berfungsi seperti seharusnya.


Menurut ahli James O'Brien, Hardware merupakan semua komponen/peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi seperti CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain.


Hardware ini sangat penting bagi komputer, jika tidak ada hardware, maka komputer tidak bisa digunakan seperti seharusnya. Jika kita ingin komputer digunakan secara normal maka harus ada 3 komponen yaitu hardware, brainware, dan software. Ketiga komponen ini saling berhubungan satu sama lain, kalau salah satu diantara tiga komponen ini tidak ada, maka komputer tidak akan bisa digunakan.

Hardware harus dibantu dengan software pendukung agar perintah yang ada dalam komputer dapat dioperasikan baik, begitu juga dengan brainware sebagai perantara atau penghubung antara orang dengan komputer. Bayangkan saja bagaimana jika tidak ada brainware (orang) sebagai penghubungnya, maka komputer tidak dapat dijalankan.



Fungsi Hardware


Setiap hardware tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi fungsi/tujuan utamanya untuk menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi atau data yang berada di dalam maupun di luar komputer. Berikut beberapa fungsi hardware secara umum.

Mengolah Data atau informasi


Pada hardware tertentu, mempunyai fungsi untuk mengolah data atau informasi oleh user, yang nanti akan diproses menjadi informasi baru.
 

Menerima Output


Terdapat beberapa hardware yang mempunyai fungsi khusus dalam menerima input dari user. Dengan begitu, nantinya hardware akan memprosesnya menjadi informasi yang baru. Dalam hal ini, data yang diterima dari input akan dapat di transfer pada output.

Memberi Output


Jika sudah terproses menjadi informasi baru, hardware akan memberikan output lagi kepada user. Seluruh output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanisme inilah yang saling mempengaruhi antar output dan input.

Menyimpan informasi maupun data


Dari sini, seluruh output yang dihasilkan oleh komputer bisa disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan ini dapat dilakukan pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, maupun perangkat yang dipasang di luar.




Jenis-Jenis Dan Contoh Hardware Yang Umum Digunakan Pada Komputer



Secara umum, hardware bisa dibedakan jenisnya berdasarkan setiap fungsi yang ada. Berikut ini, beberapa contoh hardware yang umum digunakan dan dapat dibedakan menurut fungsi atau kegunaannya :


A. Input Device (Perangkat Input/Masukan)


Alat yang digunakan untuk memasukan data atau informasi(dalam bentuk teks, gambar, vidio, dan audio) sehingga dapat diolah computer.
 

Mouse


MOUSE




Mouse merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada di layar komputer. Selain itu, dengan menggunakan mouse, user juga akan lebih mudah dalam memilih menu apa saja yang diinginkan pada komputer.

Keyboard


KEYBOARD




Jenis hardware yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam memasukkan angka, simbol, dan huruf-huruf ke dalam komputer.

Scanner


SCANNER




Berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini umumnya sangat penting untuk digunakan. Pasalnya, ada banyak orang yang memerlukannya untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang penting dengan adanya tanda tangan dan stempel.

Optical Drive


OPTICAL DRIVE




Optical Drive merupakan media penyimpanan data yang digunakan untuk membaca maupun ditulis oleh cahaya laser. alat yang digunakan untuk membaca kepingan CD atau DVD, media ini memiliki karakteristik khusus yaitu tidak bisa diubah isinya, atau pada jenis tertentu bisa dilakukan penulisan ulang data. Merupakan Umumnya optical disk disini berupa CD/Compact Disk atau DVD/Digital Versaitle Disc.

Joy Stick


JOYSTICK



Alat yang digunakan untuk menggerakan kursor ke segala arah biasanya digunakan untuk permainan computer, ataupun juga biasa juga digunakan untuk PS yang sekarang ini bisa digunakan juga untuk komputer.

Touch Screen


touch screen




Merupakan sebuah layar yang dapat disentuh untuk memberikan perintah masukan pada sebuah perangkat keras.



B. Process Device (Perangkat Proses)


Process Drive merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengolahan data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer.
 

Processor atau CPU (Central Processing Unit)



processor



CPU merupakan otak utama komputer, komponen yang berupa chip yang berbentuk segiempat. CPU sebagai pengendali proses kerja dari komputer dan dibantu oleh komponen lainnya. CPU berfungsi untuk mengatur semua instruksi program yang ada pada komputer. Dan juga untuk tempat mengelola segala aktifitas yang terjadi didalam komputer.
 

Motherboard


mobo




Motherboard merupakan papan induk dimana semua komponen alat proses di pasang atau di installkan. Motherboard berfungsi untuk mengendalikan dan menghubungkan semua elemen utama yang ada di komputer atau perangkat digital. CPU, keyboard, memori, kartu video dan hard disk drive berkomunikasi serta berhubungan satu dengan yang lainnya melalui motherboard. Firmware yang berada di motherboard berguna untuk mengkoordinasi dan mengendalikan semua fungsi dasar untuk menjalankan komputer.

RAM (Random Access Memory)


ram



RAM merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak tergantung pengaturan tata letaknya. Data di dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat

VGA Card (Video Graphics Array)


VGA




VGA Card merupakan alat yang berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.



C. Output Device (perangkat output/keluaran)


Alat yang digunakan untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data, yang berasal dari input device yg sudah melewati process device pada CPU(Central Proccesing Unit). Contohnya, Monitor, Proyektor, Printer, Ploter, Speaker dan sebagainya.

Monitor


monitor




Merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Monitor ini sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap perusahaan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Umumnya pekerjaan tersebut berhubungan dengan dokumen maupun data.


Proyektor LCD


PROYEKTOR




Proyektor merupakan alat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar/tampilan yang ada pada komputer. Fungsinya sama dengan monitor lcd, yang membedakan tekniknya dengan memancarkan gambar ke pada bidang datar. Sehingga saat kita menggunakan proyektor LCD, kita bisa menampilkan suatu presentasi dengan lebih jelas.

Printer


printer




Printer merupakan mesin periferal, alat ini digunakan untuk mencetak hasil pegolahan pada komputer menjadi hardcopy. Kebanyakan pengguna membuatnya dengan jenis dokumen seperti Microsoft Office (Word, Excel, atau Powerpoint), PDF, dan juga bisa mencetak foto (JPG).
 

Plotter

plotter



Plotter adalah Printer grafis yang berukuran besar, biasanya digunakan untuk mencetak gambar yang besar seperti Spanduk, MMT dan lain-lain.
 

Speaker

speaker



Speaker merupakan hardware yang berfungsi untuk menghasilkan suara pada komputer.



D. Storage Device (perangkat untuk menyimpan)


Storage device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan, berguna untuk menyimpan data-data komputer. Contohnya, hardisk, floppy disk, CD/DVD, dan flashdisk.

Hard Disk



harddisk




Merupakan hardware komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data, biasanya digunakan untuk menyimpan data berupa foto, video, file, dokumen, dll. Data yang sudah disimpan pada hardisk tidak akan hilang (bersifat permanen) meskipun pengguna mematikan komputer/laptop.
 

Flashdisk


FLASHDISK



Flashdisk merupakan alat penyimpan data dari komputer yang memiliki konektor berupa USB. Konektor tersebut nantinya akan memudahkan perangkat ini terhubung ke komputer maupun media lainnya yang digunakan. Flashdisk ini sangat praktis, sehingga kita pakai dan membawanya kemana saja untuk memindahkan sebuah data dari satu komputer ke komputer yang lainnya ataupun sebagai penyimpan data (media) saja yang nantinya data (media) tersebut bisa kita buka dalam komputer, laptop, notebook maupun Handphone kita.
 

Eksternal Hard Disk


eksternal harddisk



Fungsinya masih sama dengan Hard Disk biasa dan praktis seperti FlashDisk, perangkat ini bisa dibawa kemana saja tanpa harus membongkar komputer.
 

Floppy Disk


FLOPPY DISK





Floppy Disk merupakan alat untuk membaca Disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan OS dan Aplikasi.

CD (Compact Disc)

CD




CD adalah piringan yang berwarna perak yang dibuat dari lapisan plastik dan disinari oleh sinar laser.

DVD (Digital Video Disc)






DVD merupakan media penyimpanan optik, yang digunakan untuk menyimpan video dan data. ukuran datanya sama dengan CD, namun dengan kapasita enam kali lipat.

Blue-Ray Disc (BD)


BLUERAY DISK




Blue-ray Disc biasa disingkat dengan BD merupakan sebuah format cakram optik untuk menyimpan media digital termasuk video definisi tinggi.




E. Periferal (Perangkat tambahan)


Perangkat Periferal merupakan perangkat tambahan yang menerima input atau mengeluarkan output pada komputer, yang berguna dalam menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet (Periferal) dan juga membantu komputer menjalankan perintah user.
 

Modem






Modem merupakan singkatan dari Modulator-Demodulator. Modem ini dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya.

TV Tunner


TV TUNER
http://getusb.info/wp-content/uploads/2007/07/070207a.jpg




TV Tunner merupakan komponen komputer yang memungkinkan senyal televisi dapat diterima oleh sebuah komputer.
 
 

Bluetooth


BLUETOOTH
BLUETOOTH



Bluetooth digunakan untukmenghubungkan radio jarak dekat (Short-Range Radio Link) untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antara hp, PC, dll, dapat dilakukan dengan wireless.





Tips :

Keberadaan Hardware sendiri sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan atau aktivitas kita sehari-hari. Apalagi untuk aktivitas tertentu yang memang ataupun sangat membutuhkan hardware untuk mengerjakan apa yang diperlukan dengan cepat, mudah, dan efisien. Agar hardware kita tetap berfungsi sebagaimana mestinya, kita juga perlu merawatnya dengan baik. Sebab, jika salah satu komponen hardware tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya, maka setiap proses pengelohan data maupun informasi tentu juga tidak dapat berjalan dengan baik.







Sekian untuk pembahasan Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, serta Contoh Hardware Pada Komputer, dan sebagai penutup diatas saya memberikan tips kepada kalian agar kita bisa menjaga hardware yang kita miliki.

Posting Komentar untuk "Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, serta Contoh Hardware pada Komputer"