Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #6 : Pengertian Variabel Serta Cara Penulisannya


Dalam pembahasan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang struktur, aturan dan cara penulisannya. Sekarang kita akan membahas lebih lanjut untuk bagian strukturnya yaitu Pengertian Variabel.

Pengertian Variabel Pascal


Variabel merupakan 'penanda' yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai. Nilai ini dapat diubah (berubah-ubah) dari waktu ke waktu, tergantung kode program yang kita butuhkan. Setiap variabel memiliki nama atau nilai sebagai identitas variabel tersebut. Sebagai contoh, saya menghitung luas persegi, dan di dalam variabel saya bisa mengubah panjangnya (P) dengan nilai 9, kemudian dalam kode program, saya bisa mengubah nilainya lagi menjadi '15', '555' atau '1250'.

Dalam matematika, konsep ini biasanya menggunakan x, y, m, atau c, yang digunakan untuk menghitung persamaan linear ataupun yang lainnya. seperti persamaan berikut:

y = mx + c atau ax + by = c

nilai x dan y bisa diisi dengan sembarang angka. 

Cara Penulisan Variabel dalam Pascal


Untuk membuat variabel, kita harus mendeklarasikan terlebih dahulu, letaknya sebelum begin (main program). Setiap variabel mempunyai tipe data tertentu, dan sepanjang kode program variabelnya hanya bisa diubah nilainya tetapi masih dalam tipe data yang sama.

Sebagai contoh, jika variabelnya kita set dengan tipe data 'string' atau 'char' maka kita bisa mengisi variabel variabel ini dengan nilai karakter (huruf) seperti nama kalian atau tempat dan tidak bisa diubah dengan nilai 'angka'. Jika ingin diisi dengan nilai 'angka' seperti 6,12, atau 80, maka kita set dulu dengan tipe data 'integer'.

Macam-macam Tipe Data Pascal


Pascal sendiri mendukung berbagai macam tipe data, dan dikelompokkan menjadi tipe data dasar, terstruktur, bentukan, dsb. Terdapat 4 tipe data dasar, biasa dikenal dengan tipe data "scalar":

  • Integer: tipe data yang berisi angka bulat, seperti 1, 2, 5, atau 2500.

  • Real: tipe data yang berisi angka desimal (pecahan), seperti 3.14, 22.7 atau 0.02

  • Char: tipe data yang berisi huruf, seperti "a", "A" atau "Y".

  • Boolean: tipe data yang berisi 2 nilai yaitu true dan false.

Tipe data tambahan Pascal:

  • String: tipe data yang berisi kumpulan kalimat/kata, seperti "saya", "kamu", "kalian" atau "sedang belajar pascal di syteekno".

  • Enumerated: tipe data bentukan yang bisa kita definisikan sendiri, seperti membuat tipe data warna yang terdiri dari berbagai nama warna yang ada.

  • Subrange: tipe data bentukan yang berisi bagian dari tipe data lain. Sebagai contoh kita membuat tipe data "angka_kecil" yang berisi angka 1-9 (bagian integer).

  • Array: tipe data yang terdiri dari banyak variabel, contohnya, kita bisa membuat nama siswa sebagai array "siswa" dengan variabel penyusun siswa[1], siswa[2], siswa[3], dst.  

  • Record: tipe data bentukan yang berisi berbagai tipe data, sebagai contoh nama siswa, jika dilihat nama siswanya saja kan jadi kaku untuk dilihat. Jadi kita bisa menambahkan untuk detilnya seperti "alamat", "sekolah", "kelas", dll.

  • File: tipe data yang digunakan untuk mengakses file atau dokumen.

  • pointer: tipe data khusus untuk menentukan sebuah alamat pada memory.

Berikut untuk diagram dari jenis tipe data:
Tipe-data-di-dalam-pascal-sumber-tutorialspoint.com



Untuk pembahasan pada gambar diatas akan saya bahas di postingan tersendiri.

Untuk Aturan Penulisan sudah kita bahas pada pembahasan sebelumnya.


Cara Mendeklarasikan Variabel


Sebelum digunakan dalam kode program, variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu. berikut kode programnya:

1
2
3
4
5
Var
//nama_variabel:tipe_data; nama: string;
sekolah: string; kelas, absen: integer;

Perhatikan pada penulisannya, bahwa variabel dengan tipe data dipisah dengan titik dua (:), dan diakhiri deklarasi ditutup dengan titik koma (;). Kemudian, jika kalian lihat pada kode program angka 5, pendeklarasian variabel memperbolehkan untuk tetap pada satu baris yang sama tetapi dengan dipisah tanda koma (,).


Mendeklarasikan Variabel dengan memberikan nilai (Assigment)

1
2
3
4
5
Var
//nama_variabel:tipe_data; nama: string = 'Miftakhul';
sekolah: string = 'SMK N 1 Tengaran';
kelas, absen: integer;

Pascal juga memperbolehkan deklarasi dan assigment digabung menjadi 1 kali penulisan. seperti pada kode program diatas. pada kode program ke 5, kelas dan absen saya menggunakan tipe data 'integer' tetapi, kita tidak boleh menuliskan langsung angkanya seperti 10, 15. agar kita bisa meng-run kode programnya kita harus mendeklarasikannya pada bagian main program. seperti kode program dibawah ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
Program biodata;
uses crt;
Var
nama: string = 'Miftakhul';
sekolah: string = 'SMK N 1 Tengaran';
kelas, absen : integer;
{penulisan salah
kelas, absen : integer = 10, 15;
kita tidak bisa seperti itu} begin
clrscr;
kelas:= 10;
absen:= 15;

write('nama: ');
writeln(nama);
write('sekolah: ');
writeln(sekolah);
write('kelas: ');
writeln(kelas);
write('absen: ');
writeln(absen);

readln;
end.

Hasil dari program:


Penulisan Variabel



Dalam kode program diatas, saya membuat beberapa variabel dengan memberikan nilai kepada variabel tersebut, kemudian menampilkannya.

Pada baris ke 4 saya meng-inisialisasi variabel nama dengan nilai string 'Miftakhul', dan pada baris ke 5, variabel sekolah saya inisialisasikan dengan nilai 'SMK N 1 Tengaran'. Kemudian pada baris ke 6, saya membuat beda variabel (kelas, absen) tetapi tipe data (integer) sama dalam satu baris.  

Kemudian pada bagian main program, variabel kelas dan absennya tadi kita deklarasikan terlebih dahulu mau kita isi berapa, seperti pada baris ke 12 dan 13. Setelah itu, untuk menampilkannya kita butuh perintah dasar yaitu "writeln" agar terlihat rapi saya pisahkan dengan "write".  

Selanjutnya kita akan membahas tentang Pengertian Konstanta Serta cara penulisannya.




Posting Komentar untuk "Materi Pascal #6 : Pengertian Variabel Serta Cara Penulisannya"