Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Dasar HTML# 5 : Pengertian dan Cara Membuat Komentar

HTML Logo


Dokumen HTML memiliki banyak kode program termasuk CSS, dan JavaScript. Biasanya kita sering lupa bagian-bagian kode yang sedang kita cari. Nah disinilah fungsi komentar digunakan, pada bagian tertentu yang memang kita anggap penting, kita akan memberikan komentar pada taha awal pembuatannya. Contoh, jika sebelumnya kita sudah memberikan komentar pada bagian body heading maupun paragraf, maka kita mencari dengan text komentar yang sama menggunakan CTRL+F.

Pengertian Komentar HTML

Komentar merupakan elemen yang tidak akan tampil dalam web browser, tetapi bisa kita lihat dengan "view source" (klik kanan pada halaman browser) atau kalau kita memiliki setting komputer/laptop bahasa indonesia, cari dengan nama "lihat sumber halaman".

Tag Komentar


Kegunaan Tag Komentar

Berikut ini beberapa kegunaan tag komentar : 

1. Komentar digunakan untuk menjelaskan isi kode pada tag

Kebanyakan kita akan kesulitan mengingat beberapa kegunaan pada tag tertentu HTML. Karena itu, kita harus membuat penanda untuk mengingatnya dengan menggunakan tag komentar, karena bisa membantu kita untuk mengedit beberapa kode tersebut di lain hari.


2. Komentar digunakan untuk menyimpan Todo List

Terkadang kadang sering digunakan juga untuk menyimpan "Todo list" (daftar tugas),karena membantu kita mengingat apa yang harus dikerjakan pada bagian HTML tertentu.


3. Komentar digunakan untuk menyembunyikan kode HTML

Tak banyak juga orang menggunakan tag komentar untuk menyembunyikan atau menonaktifkan kode HTML.


Cara Membuat Komentar HTML

Untuk membuat komentar HTML ini sangat mudah, yaitu dengan menggunakan tag <!-- isi -->. Alternatifnya kita bisa menekan CTRL+/, jika pada notepad++, kita bisa menggunakan dengan CTRL+SHIFT+Q

Ingat untuk menggunakan cara alternatif ini, kita harus meng-save dulu file dengan extensi .html.

Yuk langsung kita buat kodenya agar mudah dimengerti :

See the Pen Komentar HTML by MiftaSetiaji (@MiftaSetiaji) on CodePen.


Posting Komentar untuk "Materi Dasar HTML# 5 : Pengertian dan Cara Membuat Komentar"