Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #2 : Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Belajar Pascal Part 2 dari SyTeekno

Pembelajaran pascal kali ini merupakan Versi lengkap dari apa yang kita bahas sebelumnya. Kita akan membahas tentang sejarah dan perkembangan bahasa pemrograman pascal, Dimulai dari awal kemunculannya, masa ‘keemasan’ bahasa pascal hingga kemunculan Sistem Operasi Unix dan bahasa Pemrograman C++ yang mulai menggantikan peran pascal sebagai bahasa standar pemrograman komputer.




Kemunculan Bahasa Pemrograman Pascal

 
Pascal muncul pertama kali pada tahun 1970, yang dikembangkan oleh Niklaus Emile Wirth (Niklaus Wirth) pada tahun 1968-1969. Niklaus Wirth ini pada awalnya merancang bahasa pascal untuk mahasiswa di University of Z├╝rich di Swiss. 

Pascal didesain menggunakan struktur programming yang setelahnya menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman lain. pada saat kepopulerannya bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.

Sejak dirilis pada 1970, Pascal mulai digunakan oleh berbagai Universitas Eropa dan Amerika. meskipun, compiler pascal (sejenisnya untuk menjalankan perintah bahasa pascal) masih terbatas. Karena pada saat itu tentunya harga komputer masih mahal dan hanya terdapat di perusahaan dan universitas besar.

Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya pada saat itu, Pascal sendiri codenya sangat sederhana, sehingga mudah untuk programmer pemula untuk membuat kode program. bahasa pascal sendiri pada saat itu bersaing dengan bahasa pemrograman komputer lain, seperti Algol, Fortran, Basic, dan C.

Kemunculan Compiler Pascal: Microsoft Pascal, Turbo Pascal dan UCSD Pascal 


Sejak dirilisnya Pascal pada tahun 1970, mulai bermunculan berbagai compiler bahasa pascal (Program untuk menjalankan bahasa pascal). Yang pertama membuat compilernya adalah University of California, San Diego (UCSD) yakni UCSD Pascal yang ditujukan untuk sistem operasi buatan UCSD sendiri, dikenal juga dengan UCSD p-System. UCSD p-System merupakan salah satu sistem operasi yang bisa dipilih jika membeli IBM PC pada saat itu, selain UCSD p-System, IBM juga menyediakan PC dengan Sistem Operasi CP/M-86 dan PC DOS buatan Microsoft (awal mula Windows).


Melihat perkembangan Pascal pada saat itu, Microsoft juga mengeluarkan compiler yang bernama Microsoft Pascal. Dikarenakan harganya yang relatif mahal, compiler ini tidak terlalu populer, dan digantikan dengan Microsoft QuickPascal agar bisa bersaing dengan Turbo PascalSaat itu, untuk menjalankan sebuah kode program, seorang programmer juga harus menulis kode program pada text editor, kemudian menjalankannya (men-compile-nya) menggunakan program terpisah. Jika membutuhkan library tambahan, maka perlu melakukan proses berikutnya, yakni linker. Alur kerja pembuatan program ini dikenal dengan istilah edit/compile/link cycle.


Sejarah Turbo Pascal

Borland merupakan perusahaan software yang saat itu terletak di Scotts Valley, California (sekarang pindah ke Austin, Texas) yang didirikan oleh seorang eterpreneur yaitu Philippe Kahn pada tahun 1983. Melihat adanya peluang bisnis dalam bahasa Pascal ia menggabungkan proses edit, compile dan link dalam satu produk, yaitu Turbo Pascal. 


  • Awalnya Turbo Pascal merupakan compiler dari Blue Label Software Pascal Compiler yang dibuat untuk sistem operasi komputer mikro yang berbasis kaset, NasSys milik Nascom pada tahun 1981 yang dibuat oleh Anders Hejlsberg.
  • Pada tahun 1982 Anders menulis ulang Compiler BLS Pascal menjadi Compas Compiler untuk CP/M dan MS-DOS. Dan dipasarkan oleh perusahaan Denmark (Microcenter Poly-Data.Kemudian kompiler berbasis perintah untuk CP/M-80 juga dirilis oleh Microcenter Poly-Data. Kompiler merupakan implementasi lengkap dari bahasa Jensen-Wirth Pascal.
  • Pada tahun 1983 bulan November Compiler Turbo Pascal telah dibuat oleh Borland International,inc menggunakan dasar dari Anders Hejlsberg.


Setelah itu, Turbo Pascal menjadi compiler Pascal yang revolusioner: cepat dan murah, jika dibandingkan dengan UCSD Pascal dan Microsoft Pascal. Gambarannya, harga compiler pascal pada saat itu berkisar sekitar US $400 – $600, namun Turbo Pascal dijual seharga $45. Selain itu, Turbo Pascal mampu menjalankan kode program jauh lebih cepat dan membutuhkan sedikit memory. Dan karena itulah Borland menggunakan kata “turbo” untuk compiler pascal pada compiler buatannya.


Versi Turbo Pascal


Pada awal kemunculannya, Turbo Pascal mendukung 3 sistem operasi yaitu CP/M, CP/M-86, dan DOS. Selama periode 1983 – 1992, Borland telah merilis 10 versi Turbo Pascal, terdiri dari 8 versi untuk sistem operasi MS DOS, dan 2 versi untuk sistem operasi Windows. Berikut ini adalah tanggal perilisan Turbo Pascal dari vers pertama sampai terakhir:


  • Turbo Pascal 1 

Dirilis pada 20 November 1983, versi pertama didistribusikan menggunakan floppy disk yang berukuran 33k byte dan berjalan 64kb memori, dikirim untuk CP/M-80 (Z/80,5.25 dan 8 inci floppy disk), CP/M-86, DOS dan dihargai $49,95 USD.

  • Turbo Pascal 2

Versi kedua Dirilis beberapa bulan kemudian pada 17 April 1984 merupakan peningkatan bertahap dari turbo pascal asli. Program.Com dapat di overlay secara efektif menggunakan memori virtual jika programnya tidak dimuat dimemori. 

  • Turbo Pascal 3

Dirilis pada 17 September 1986, Borland juga menawarkan versi khusus yaitu TURBO-87 yang membutuhkan koprosesor matematika 8087 (lebih baru yang kompatibel) compiler, dan versi khusus satunya yaitu BCD compiler (TURBOBCD) yang mendukung grafik kura-kura.

  • Turbo Pascal 4

Versi ke 4 ini merupakan penulisan ulang total, dan dirilis pada 20 November 1987, pada versi ini memperkenalkan unit yang dikomplikasi secara tepisah.

  • Turbo Pascal 5

Dirilis pada 24 Agustus 1988 dengan integrated debugging, dynamic overlaysdan warna biru sebagai latar belakang default editor.

  • Turbo Pascal 5.5 

Dirilis pada 2 Mai 1989 sudah mendukung pemrograman object dan yang akan menjadi dasar untuk object pascal, ditemukan oleh Borland Delphi.

  • Turbo Pascal 6

Dirilis pada 23 October 1990 dengan nama Turbo Vision,dengan penambahan fitur bahasa rakitan sebaris untuk bahasa pascal.

  • Turbo/Borland Pascal 7 

Dirilis pada 27 Oktober 1992, Compiler mendukung DOS dan Windows dengan DPMI 16/32 bit, dan juga merupakan versi terkahir untuk MS DOS

  • Turbo Pascal for Windows 1.0

Dirilis pada 13 Februari 1991 merupakan versi pertama untuk 16-bit Windows 3.0 yang pembuatannya didasari oleh Turbo Pascal 6, Object Windows Library, Whitewater Resource Toolkit (WRT)

  • Turbo Pascal for Windows 1.5 

Dirilis pada 8 June 1992 setelah Turbo Pascal 7, memiliki dukungan windows, sudah mendukung Resource Workshop, dan sekaligus versi terakhir untuk Windows.



Masa Keemasan Pascal

Tahun 1980an merupakan masa keemasan Pascal. Kepopuleran Turbo Pascal membuat bahasa pascal menjadi standar bagi industri dan kalangan akademik. Perusahaan Apple pada saat itu juga meluncurkan Macintosh menggunakan Pascal sebagai bahasa standar. Dan jika ingin membuat program untuk Mac, harus menggunakan bahasa pascal.



Object Pascal dan Borland Delphi

Pada akhir 1980an, karena tren bahasa pemrograman komputer beberapa kalangan mulai beralih dari structured programming ke pemrograman berbasis objek. Beberapa produsen compiler pascal mencoba menambahkan konsep OOP ini ke dalam bahasa pascal. Dan Apple mencoba melakukan hal ini pada komputer terbarunya, yakni Lisa. Implementasi OOP ini dikenal dengan istilah Object Pascal. Akan tetapi hal ini tidak bertahan lama, sejak bahasa pemrograman komputer yang baru muncul yakni C++, Apple sudah tidak menggunakan Pascal lagi.


Selain menggunakan konsep Object Pascal, Delphi juga menyediakan banyak fitur baru untuk membuat program berbasis Windows dengan cepat, istilah ini dinamakan Rapid Application Development (RAD). Dalam periode tahun 1995 – 2009, Borland merilis Dephi dengan berbagai penambahan fitur dan modul. Untuk mendukung sistem operasi Linux, Borland merilis aplikasi Kylix.


Untuk Pengertian Dari Delphi saya akan membahasnya di postingan yang berbeda.



Kemunculan Sistem Operasi Unix dan Bahasa Pemrograman C++


Pascal mengalami kemunduran dikarenakan munculnya bahasa pemrograman baru pada saat itu seperti C++ dan Java. Kepopuleran Sistem Operasi Unix juga ikut mendesak Pascal.


Unix merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories agar bisa masuk ke industri komputer. Akan tetapi saat itu AT&T mendapat sanksi dari pemerintah Amerika, karena kegiatan monopoli pada bisnis telepon dan dilarang untuk masuk ke bisnis komputer lagi. Sehingga aset UNIX harus diberikan secara gratis kepada universitas. Dan banyak mahasiswa yang mulai mempelajari bahasa C.


Pada tahun 1980an bersamaan dengan kejayaan dan kemunduran Pascal dan Borland Delphi, Bjarne Stroustrop peneliti dari AT&T, mengembangkan sebuah bahasa pemrograman baru yang berdasarkan bahasa C. Ia menambahkan pemrograman berbasis objek dan menamakannya dengan C++. Karena perintah C++ didasari oleh bahasa C otomatis aturan penulisanya sama yang membedakannya bahasa C tidak memiliki Object Oriented Progamming (OPP). Akhirnya, banyak pihak beralih untuk meninggalkan Pascal dan memilih Bahasa Pemrograman C++ atau bahasa pemrograman lain yang baru seperti Java.


Di pihak lain, Borland selaku produsen utama produk Pascal dan Dephi memilih strategi marketing (pendapat dari berbagai kalangan) dianggap kurang tepat. Sehingga Borland memilih untuk berfokus ke kalangan industri dan mengabaikan pengguna individu dengan membuat harga produk yang semakin mahal.



Penerus Delphi: Codegear dan Embarcadero

Pada bulan Februari 2006, Borland akhirnya memutuskan untuk menjual beberapa unit produknya untuk fokus ke aplikasi ALM (Application Lifecycle Management). Termasuk Delphi yang produknya akan dijual. Namun akhirnya pada bulan November 2006, Borland membuat anak perusahaan yakni Codegear dan memindahkan seluruh team pengembang Delphi ke dalam perusahaan ini. Pada tahun 2007 Codegear merilis Codegear Delphi 2007. Namun codeegar yang menjadi anak perusahaan Borland ini  tidak bisa bertahan lama.


Pada tahun 2008, Codegear dibeli oleh perusahaan Embarcadero TechnologiesEmbarcadero Technologies merupakan sebuah perusahaan software yang terletak di San Francisco, California. Saat ini Delphi dikelola dan dikembangkan oleh Embarcadero. Dan Embarcadero Delphi Tokyo 10.2 merupakan Versi terakhir yang dirilis pada bulan Maret 2017.



Bahasa Pemrograman Pascal Pada Saat Ini

Memang Pascal pada saat ini tidak terlalu populer digunakan untuk membuat aplikasi komersial. Bahkan beberapa sumber/pihak menyebut pascal sebagai ‘dead programming language’ karena relatif jarang digunakan.


Namun saat ini pascal juga masih menjadi bahasa pemrograman pengantar yang banyak digunakan di sekolah maupun universitas untuk mengajarkan pemrograman bagi siswa maupun mahasiswa pemula. Pascal lebih disukai karena menggunakan ‘kata sederhana’ seperti begin, write, read, dan end dibandingkan dengan symbolic languages seperti C atau C++ yang menggunakan simbol “{” dan “}“.


Merupakan Proyek Open Source seperti Free Pascal (www.freepascal.org) yang menyediakan compiler Pascal dan mendukung berbagai sistem operasi modern pada saat ini.


Dan juga Proyek Lazarus (www.lazarus-ide.org) mungkin bisa membawa bahasa Pascal kembali populer untuk mengembangkan aplikasi. Jika dilihat dari berbagai segi Lazarus sangat mirip dengan Delphi maupun Visual Basic dan dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya. Jika kalian telah menguasai Pascal, tidak ada salahnya untuk mencoba Lazarus.



Itulah tentang Sejarah Dan Perkembangan Bahasa Pemrograman Pascal dari dahulu hingga sekarang. Pembahasan selanjutnya kita akan mencoba bagaimana Cara Mendownload dan Menginstal Compiler Free Pascal untuk mulai membuat kode program.


Posting Komentar untuk "Materi Pascal #2 : Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal"