Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pascal #7 : Pengertian Konstanta Serta Cara Penulisannya


Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengertian variabel serta cara penulisannya, sekarang kita akan membahas Pengertian Konstanta Serta Cara penulisannya.

Pengertian Konstanta


Konstanta (const) merupakan variabel yang nilainya bersifat tetap (tidak dapat diubah-ubah). Biasanya konstanta digunakan untuk nilai seperti, phi yang bernilai 22/7 atau 3.14, dan bisa juga untuk kecepatan cahaya yang bernilai 299.792.458 m/s.

Penulisan Konstanta 


Konstanta ini hanya dapat diisi dengan tipe data dasar, yaitu char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifer.

berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat deklarasi. Berikut format dasarnya:

1
2
const
nama_konstanta = nilai_konstanta;

Saya ingatkan untuk nama_konstanta itu merupakan nama konstanta kalian disini saya akan menggunakan kosntanta dengan nama phi dan bernilai 22/7.

Contoh penulisannya sebagai berikut:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
Program konstanta;
uses crt;

const
r = 14;
phi = 22/7;
nama = 'lingkaran';

var situs :string='www.syteekno.genbisoft.com';

begin clrscr;
write('r = ');
writeln(r);
write('phi = ');
writeln(phi:1:4);
write('nama = ');
writeln(nama);
write('situs = ');
writeln(situs);

readln;
end.

Program Konstanta


Dalam kode diatas, saya membuat beberapa konstanta, dan menampilkan nilainya dengan writeln, sama seperti kemarin agar terlihat rapi sebelum menampilkan nilainya, saya tuliskan dulu nama dari nilainya dengan write. Jika kalian perhatikan lagi, terlihat pada baris ke 15 saya menuliskan (phi:1:4), gunanya untuk men-format tampilan angka desimal. Untuk angka 1, digunakan untuk menampilkan angka 1 digit sebelum desimal, karena 22/7 itu sama dengan 3.14 jadi untuk formatnya sudah dari sananya, saya sendiri mengganti-ganti angka 1 dengan angka 5 dan 6 yang berbeda hanya jarak yang bertambah antara nama phi (seperti spasi). Dan untuk angka 4, digunakan untuk 4 digit setelah tanda desimal, bisa kalian lihat perbandingannya sebelum saya beri perbandingan ini sama sesudahnya. 

Menurut saya sendiri, konstanta ini relatif jarang untuk digunakan jika dibandingkan dengan variabel. Konstanta biasanya digunakan untuk program matematis yang memiliki nilai tetap.

Pembahasan kali ini, kita sudah mempelajari tentang Pengertian Konstanta Serta Cara Penulisannya. Selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut tentang perintah dasar write, writeln, readln, dan readln.








  

Posting Komentar untuk "Materi Pascal #7 : Pengertian Konstanta Serta Cara Penulisannya"