Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Mengenal Aplikasi Borland Turbo Pascal dan Free Pascal

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Rangkuman Fitur Bahasa Pemrograman Pascal. Kali ini kita akan membahas rangkuman mengenal aplikasinya yakni Borland Turbo Pascal dan Free Pascal supaya kita mengenal seluk beluk pascal, juga itung-itung menambah pengetahuan tentang sejarahnya.😀 

 



Rangkuman Mengenal Aplikasi Borland Turbo Pascal dan Free Pascal

Rangkuman Mengenal Aplikasi Borland Turbo Pascal dan Free Pascal

Borland Turbo Pascal

Turbo Pascal merupakan compiler dengan pengembangan terintegrasi  IDE (Integrated Development Environment)dibuat oleh perusahaan asal Amerika yaitu Borland. Sekitar tahun 1980-an terdapat aplikasi UCSD Pascal, Microsoft Pascal, dan QuickPascal, digunakan untuk mengcompiler Pascal.


Compiler Free Pascal


Agar dapat menjalankan aplikasi Turbo Pascal 7, yaitu dengan menggunakan emulator MS-DOS seperti DOSBox . Emulator merupakan program yang mensimulasikan suatu sistem di dalam sistem lain, sehingga bisa digunakan untuk menjalankan Turbo Pascal dari dalam DOSBox. 


Free Pascal terus berkembang hingga sekarang yang dikembangkan oleh berbagai programmer dari seluruh dunia, yang bisa digunakan/ didapatkan secara gratis.


Itulah pembahasan dari Rangkuman Mengenal Borland Turbo Pascal dan Free Pascal. Selanjutnya kita akan membahas tentang Kemunculan Bahasa Pemrograman Pascal .😊








Posting Komentar untuk "Rangkuman Mengenal Aplikasi Borland Turbo Pascal dan Free Pascal"