Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Web Browser

Setelah mempelajari #1 : Pengertian & Sejarah, serta Perkembangan HTML . Kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Web Browser.

Pengertian Web Browser

Setelah membuat dokumen/file HTML, kita membutuhkan yang aplikasi Browser yang nantinya akan diterjemahkan dan ditampilkan oleh web browser.  Web Browser (disebut juga dengan Browser) merupakan Software aplikasi untuk mengakses WWW atau W3 untuk mengakses (menerima, menampilkan, dan menerjemahkan halaman web) informasi dari W3 dengan memanfaatkan jaringan internet. W3 atau dikenal dengan WWW merupakan singkatan dari World Wide Web


HTML dirancang dan diatur oleh badan standarisasi dunia (khusus web), yaitu W3C (World Wide Web Consotium). Pada dasarnya semua web browser dapat menampilkan dokumen htm, namun jika mengenai desain halaman, hal ini dikarenakan setiap browser menerjemahkan dokumen HTML secara berbeda-beda. Sehingga di perlukan sebuah standar (aturan) sendiri untuk beberapa web browser.

Aplikasi Web Browser

Web Browser


Google Chrome

Google Chrome merupakan Web Browser yang dikembangkan oleh Google, yang di rilis pada tahun 2008 untuk Mixrosoft Windows, yang dibangun dengan komponen software gratis dari Apple Webkit dan Mozila Firefox. Kemudian diporting ke Linux, MacOS, iOS, dan Android yang menjadi browser default ke dalam OS. 


Mozilla Firefox


Mozilla Firefox merupakan browser open source dan gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan anak perusahaannya yaitu Mozilla Corporation, pada 23 September 2002.


Internet Explorer


Internet Explorer merupakan serangkaian browser web grafis yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1995 dan termasuk OS Microsoft Windows, browser ini digunakan secara luas pada tahun 1999 dan mulai populer sekitar tahun 2000-an.


Opera


Browser Opera merupakan browser web multi-platform yang dikembangkan oleh Opera Software pada 10 April 1995. Browser yang Berbasis Chromium, yang membedakannya dengan browser lain  melalui antarmuka pengguna dan fitur lainnya.


Safari


Browser Safari merupakan browser web grafis open source, yang sebagian berbasis Webkit yang dikembangkan oleh Apple. Pertama kali di rilis pada 7 januari 2003, sebagai bagian dari MacOS X Panther di Mac.


     
Grafik Penggunaan Web Browser 


Apa saja sih web browser yang paling banyak digunakan saat ini?. Bagi kita sebagai developer, informasi ini sangat relevan dan perlu diperhatikan, itung-itung biar pengetahuan kita tambah 😂.

Berdasarkan situs web w3counter.com pada 14 juni 2021, Google Chrome digunakan sekitar 65,2% pengguna internet dari seluruh dunia dan mencapai posisi pertama dari seluruh web browser yang ada. yang kemudian diikuti oleh Safari dan Internet Explorer & Edge, yang masing-masing digunakan oleh pengguna di dunia sekitar 16,6% dan 4,9%. Dan diikuti oleh Mozilla Firefox dan Opera yang digunakan oleh pengguna di dunia sekitar 3,2% dan 1,3%. Yang berarti, Google Chrome sangat dominan dipakai sebagai web browser. Berikut Grafiknya:
Grafik Browser




Hal ini juga disebabkan oleh smartphone yang menggunakan OS Android, yang sudah default (langsung terinstal) Browser Google Chrome. Maupun IPhone yang sudah default oleh Browser Safari.





Posting Komentar untuk "Mengenal Web Browser"